Main Menu

Perenang Ryan Lochte Dilarang 14 Bulan Karena Doping

Arif Prasetyo
24-07-2018 13:47

Perenang AS, Ryan Lochte. (REUTERS/Lucy Nicholson/FT02)

Artikel Terkait

Florida, Gatra.com - Ryan Lochte, perenang Olimpiade pria kedua yang digadang-gadang sepanjang masa, telah dilarang selama 14 bulan oleh Badan Anti-Doping AS (Usada) pada Senin (23/7). Pelarangan ini disebabkan Lochte menerima infus intravena tanpa penggunaan terapeutik dan pelanggaran ini terungkap secara tidak sengaja oleh dirinya sendiri lewat media sosial.

 

Usada mengatakan, itu menjadi sadar akan potensi pelanggaran ketika bintang Amerika berusia 33 tahun itu memposting foto yang telah dihapus saat menerima suntikan infus di Instagram dengan hashtag #ivdrip. Usada menambahkan, Lochte "sepenuhnya bekerja sama" soal penyelidikan selanjutnya.

Pejabat AS lebih lanjut menjelaskan, Lochte, yang telah membawa pulang 12 medali dari empat Olimpiade terakhir termasuk enam medali emas, tidak menggunakan zat terlarang, tetapi aturan doping melarang atlet menerima infus IV atau suntikan kecuali "diterima secara sah dalam perjalanan ke rumah sakit" perawatan, prosedur bedah, atau investigasi diagnostik klinis ”.

Seperti dilansir The Guardian, Senin (23/7) Lochte dalam konferensi pers di Florida, Senin malam mengatakan, "Ini sangat menghancurkan bagi keluarga dan saya."

Dia menambahkan, saya tahu itu terdengar seperti hukuman yang keras untuk sesuatu yang tidak disengaja dan di mana saya tidak memasukkan sesuatu yang dilarang dalam tubuh saya, tetapi aturan adalah aturan dan saya menerima bahwa ada pelanggaran teknis. Saya berharap atlet lain akan belajar dari kesalahan saya dan memperhatikan aturan ini.”

Lochte mengatakan, dia mengambil infus yang mengandung B12 dan vitamin lain yang tersedia di atas meja karena istri dan putranya telah sakit dan dia mencari dorongan pencegahan untuk sistem kekebalan tubuhnya.

Usada mengatakan, larangan itu berlaku surut hingga 24 Mei, yang merupakan hari ketika ia memposting foto itu, dan akan berlangsung hingga Juni 2019.

Sanksi ini membuatnya tidak bisa mengikuti dua pertandingan internasional: Kejuaraan Pan Pacific Agustus dan Kejuaraan Dunia 2019 di Gwangju, Selatan Korea.

Lochte juga akan ditarik dari empat peristiwa yang dia masuki di kejuaraan nasional AS, yang dimulai Rabu di Irvine, California.


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
24-07-2018 13:47