Main Menu

Geniez Memenangkan Etape Ke-12 Saat Herrada Memimpin Tour of Spain

Arif Prasetyo
07-09-2018 05:19

Alexandre Geniez.(Shutterstock/re1)

Spanyol, Gatra.com – Pebalap sepeda Alexandre Geniez dari Prancis melakukan sprint menjelang garis finis untuk memenangkan etape 12 dari Tour of Spain pada Kamis (6/9), saat pebalap Spanyol Jesus Herrada memimpin tur. Sebelumnya pemimpin tur memakai seragam merah dikenakan pebalap Inggris Simon Yates.

 

Pertarungan dramatis terjadi di 10 kilometer terakhir mencapai puncaknya ketika Geniez, dari tim AG2R, menahan laju dari Tim Sky Dylan van Baarle, dengan Mark Padun dari Bahrain-Merida datang di posisi ketiga.

Yates Mitchelton, yang telah mengenakan jersey merah sejak tahap sembilan, turun ke peringkat kedua dalam klasifikasi umum setelah Herrada (Cofidis) membentuk bagian dari grup yang memisahkan diri 18 - selama pendakian Alto de Cadeira.

Bersama dengan pasangan Movistar Alejandro Valverde dan Nairo Quintana - yang juga berjuang untuk mendapatkan penghargaan secara keseluruhan - Andrea membiarkan jaraknya melebihi 11 menit dan ketika mereka akhirnya pindah.

Pada akhir rute memutar antara Mondonedo dan Manon, Herrada memimpin Yates dengan tiga menit dan 22 detik, dengan Valverde satu detik lebih jauh di urutan ketiga.

"Sulit dipercaya," kata Herrada, seperti dikutip AFP Sports, Kamis (6/9).

"Pada akhirnya untuk memimpin adalah mimpi, saya tidak bisa menantang untuk panggung karena saya kelelahan tetapi itu adalah penghargaan atas pekerjaan yang telah kami lakukan sejak lama.”

Itu adalah kemenangan tahap ketiga Geniez di 'Vuelta', setelah kemenangan sebelumnya di 2013 dan 2016.

"Kesenangan menang adalah hari-hari seperti ini ketika kita hanya mengendarai sepeda setelah berlatih keras dan membuat pengorbanan sepanjang tahun," kata Geniez. 

Pertandingan akan dilanjutkan pada Jumat dengan tahap 13, membentang 174.8km antara kota Candas dan La Camperona.


Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
07-09-2018 05:19