Main Menu

Juara Dunia Sepeda Trek Jerman Kristina Lumpuh Setelah Kecelakaan

Arif Prasetyo
08-09-2018 01:15

Kristina Vogel (REUTERS/Bobby Yip/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Juara balap sepeda Olimpiade dan lari dunia Jerman Kristina Vogel kini menggunakan kursi roda sejak mengalami kecelakaan pada bulan Juni, ia ungkapkan dalam wawancara yang diterbitkan Jumat (7/9).

 

"Ini situasi yang buruk, tidak ada cara lain untuk mengatakannya," kata wanita berusia 27 tahun itu kepada berita mingguan Der Spiegel dalam wawancara pertamanya sejak kecelakaan 26 Juni.

"Tidak peduli dari mana Anda melihatnya, saya tidak bisa berjalan lagi," tambah Vogel, yang memenangkan gelar dunia sprint individu di Hong Kong tahun lalu dan medali emas di Olimpiade Rio 2016.

"Tapi apa yang bisa saya lakukan? Saya selalu berpikir bahwa semakin cepat Anda menerima situasi baru, semakin baik Anda dapat menghadapinya."

Seperti dilansir AFP Sprts, Jumat (7/9), Vogel, yang telah memenangkan 11 gelar juara dunia, menderita cedera tulang belakang dalam benturan saat berlatih di velodrome di kota Jerman Cottbus dan diterbangkan ke Berlin untuk operasi darurat.

Setelah kecelakaan itu, rekan-rekannya meluncurkan kampanye yang disebut #staystrongkristina untuk membantu Vogel dan keluarganya, sementara semua menolak berbicara secara terbuka tentang kondisinya.

"Saya tidak ingin orang melihat saya dengan cedera seperti itu," katanya.

Ia menambahkan bahwa "dalam gambar X-ray pertama, tulang belakang saya terlihat seperti meja lipat Ikea".

"Saya sangat beruntung masih hidup dan memiliki lengan yang berfungsi penuh. Saya bisa saja lumpuh dari leher ke bawah."

Dia mengatakan itu terlalu dini untuk berpikir tentang masa depan sebagai atlet paralimik tetapi menyatakan bahwa sekarang saya siap untuk mengatakan, di sini saya baik-baik saja.

"Aku ingin menjadi motivasi bagi orang lain. Tidak peduli apa nasib yang menarikmu, hidup terus berjalan, dalam kasusku sekarang dengan empat roda, bukannya dua roda. Tanganku sekarang juga kakiku."


Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
08-09-2018 01:15