Main Menu

Asian Para Games 2018 Makin Dekat, Para Atlet Maksimalkan Latihan

Flora Librayanti BR K
13-09-2018 21:54

Atlet Asian Para Games 2018 mulai berlatih (Dok. Kemensos/FT02)

Surakarta, Gatra.com – Kurang dari satu bulan, Indonesia siap kembali menjadi tuan rumah helatan olahraga bergengsi level Asia. Kali ini, Indonesia dipercaya menyelenggarakan pertandingan khusus bagi para atlet dengan disabilitas, Asian Para Games 2018.

 

Cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Para Games 2018 ada 18. Mulai dari panahan, lari, bulutangkis, bola gawang, bowling, angkat beban, catur, bersepeda, judo, menembak, renang, tenis meja, anggar, bola voli, sampai bola basket.

Para atlet Indonesia juga sudah sibuk mempersiapkan diri. Salah satu lokasi latihan mereka adalah di Surakarta, Jawa Tengah.

"Bagaimana latihan hari ini? Terus semangat ya, kompetisi sudah semakin dekat. Jaga kesehatan, istirahat yang cukup dan nutrisi makanan harus diperhatikan ya," kata Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita saat menyapa para atlet penyandang disabilitas panahan di lapangan Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (BBRSBD) Prof. DR. Soeharso, Surakarta, Kamis (13/9).

Sebagian besar atlet yang akan berlaga di Asian Para Games 2018 adalah alumni BBRSBD Prof. DR. Soeharso Surakarta. Tercatat sebanyak 38 alumni berlaga pada 10 cabang olahraga yakni angkat berat, tenis meja, anggat, atletik, basketball, bowling, renang, bulutangkis, panahan, dan paracycling. Di panahan sendiri, dari total 14 atlet yang berlaga, delapan diantaranya adalah alumni BBRSBD Surakarta.

"Melihat para atlet disabilitas berlatih, saya merasakan energi dan semangat yang luar biasa terpancar dari dalam diri mereka. Semoga semuanya dapat tampil dengan baik dan membawa hasil terbaik untuk Indonesia," harap Agus.

Usai meninjau atlet panahan, ia bergeser ke lokasi Pemusatan Latihan Nasional Wheelchair Fencing di Jalan Letjen Suprapto, Surakarta. Nampak para atlet duduk di kursi roda yang telah dimodifikasi sedang berlatih.

"Terima kasih telah berlatih dengan sangat keras dan penuh dedikasi kepada bangsa. Asian Para Games tahun ini menjadi momentum bagi kita semua untuk merayakan kesetaraan," kata Mensos kepada para atlet.

Seperti diketahui Kementerian Sosial mengawal penuh upaya untuk mendorong kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Para Games yang ramah disabilitas. Hal ini sebagaimana diamanatkan dalam Keputusan Presiden RI Nomor 2 Tahun 2016 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan Asian Para Games 2018 dimana pada pasal 5 disebutkan bahwa Menteri Sosial merupakan anggota Panitia Pengarah dan merupakan Wakil Ketua I Panitia Penyelenggara Indonesia Asian Para Games 2018.


Flora L.Y. Barus

 

Flora Librayanti BR K
13-09-2018 21:54