Main Menu

Format Kualifikasi F1 Bakal Diubah

Edward Luhukay
12-04-2016 17:01

London, GATRAnews - Formula 1, pada Senin (11/4), menyetujui keputusan untuk menghapus format baru kualifikasi dan kembali ke versi tahun lalu untuk putaran Grand Prix Tiongkok di Shanghai pada akhir pekan ini. Federasi Automobil Internasional (FIA) menyatakan, Dewan Olahraga Otomotif Dunia telah memilih untuk mendukung perubahan yang akan berlaku pada sisa kejuaraan.

"Format, dimana enam pembalap paling lambat dieliminasi pada dua sesi akhir kualifikasi pertama sebelum 10 pembalap di putaran akhir untuk Pole di Q3, akan kembali diterapkan saat putaran Grand Prix Tiongkok akhir pekan ini," demikian bunyi pernyataan tersebut, seperti dilaporkan Antara.

Tim Formula 1 dan penggemar menyatakan bahwa format eliminasi yang digunakan di dua balapan pertama di Australia dan Bahrain telah gagal.

Presiden FIA Jean Todt dan Bernie Ecclestone, yang mewakili pemegang hak komersial, awalnya mengesampingkan kembali ke format 2015 tetapi kemudian mundur setelah tim menyatakan bersatu menentang proposal kompromi.



Editor: Edward Luhukay

Edward Luhukay
12-04-2016 17:01