Main Menu

Rosberg Juara di Shanghai

Edward Luhukay
18-04-2016 07:45

Shanghai, GATRAnews - Pembalap Jerman Nico Rosberg menorehkan kemenangan dominan pada Grand Prix Formula 1 Tiongkok yang berlangsung menarik pada Minggu (17/4), untuk memperbesar keunggulannya terhadap rekan setimnya di Mercedes Lewis Hamilton, yang mampu finish di posisi ketujuh setelah mengawali balapan pada posisi terakhir. Rosberg melintasi garis finish dengan keunggulan 37,7 detik atas rekan senegaranya Sebastian Vettel.

Vettel mampu memulihkan diri setelah bertabrakan dengan rekan setim di Ferrari Kimi Räikkönen pada tikungan pertama, untuk meraih kemenangan ketiganya dari tiga balapan musim ini.

Daniil Kvyat finish di posisi ketiga untuk memberikan podium perdana bagi Red Bull sejak Grand Prix Singapura September silam, namun pembalap Rusia itu harus membela dirinya seusai balapan ketika Vettel yang marah menyalahkan dirinya atas tabrakan antara dua mobil Ferrari.

Antara melaporkan, kemenangan Minggu (17/4) merupakan kemenangan ke-17 sepanjang karir Rosberg dan memperpanjang laju kemenangannya menjadi enam, terhitung sejak Grand Prix Meksiko November silam.

Pembalap Jerman itu kini unggul atas Hamilton di puncak klasemen dengan 36 angka, dengan 18 putaran yang masih harus dimainkan pada musim ini.

Hamilton, yang memulai balapan dari posisi terakhir setelah gagal menorehkan waktu pada sesi kualifikasi pada Sabtu (16/4) karena masalah mesin, finish di urutan ketujuh, dengan mengalami masalah pada awal balapan ketika ia kehilangan sayap depannya akibat tabrakan pada tikungan pertama.

Pembalap Inggris Raya itu menggunakan taktik kuno dan strategi cerdas dari Mercedes untuk membuka jalan ke posisi ketiga, namun tantangannya memudar pada fase akhir balapan.

Pembalap Red Bull Daniel Ricciardo finish di urutan keempat. Pembalap Australia itu melintasi garis dari posisi kedua di grid dan sempat menyalip Rosberg pada awal balapan, namun ia terdorong ke belakang setelah harus berhenti lebih awal akibat kegagalan ban.

Räikkönen, yang mengalami nasib buruk pada tabrakan di tikungan pertama dengan rekan setimnya Vettel, yang finish di posisi keenam mengungguli Felipe Massa dari Williams.

Max Verstappen berada di urutan kedelapan mengungguli rekan setimnya di Toro Rosso Carlos Sainz, sedangkan Valtteri Bottas menempati posisi sepuluh besar untuk Williams.

Balap itu sempat mengalami gangguan ketika safety car masuk setelah serangkaian insiden pada tikungan pertama yang meninggalkan serpih-serpih mobil di trek.

Masuknya safety car membuat tim-tim yang ada mengganti strategi, sebagian pembalap memilih masuk pit sedangkan sebagian lainnya berada di luar, menyebabkan strategi-strategi penggunaan ban harus dimainkan, demikian laporan Reuters.



Editor: Edward Luhukay

Edward Luhukay
18-04-2016 07:45