Main Menu

Manor Racing Gantikan Rio Haryanto dengan Esteban Ocon

Edward Luhukay
11-08-2016 10:30

London, GATRAnews - Pembalap muda Prancis Esteban Ocon akan menggantikan Rio Haryanto untuk sisa musim ini, setelah pembalap Indonesia itu gagal mengamankan dukungan finansial yang diperlukan untuk mempertahankan kursinya. Tim Formula 1 yang bermarkas di Inggris itu mengatakan dalam pernyataan pada Rabu bahwa Ocon, 19 tahun, bakal melakukan debut balapnya di Grand Prix Belgia di Spa-Francorchamps pada 28 Agustus, bersama dengan pembalap Jerman Pascal Wehrlein.

Rio, yang merupakan pembalap Formula 1 pertama asal Indonesia, ditawari peran sebagai pembalap cadangan untuk sembilan balapan tersisa. "(Manor) telah mengambil keputusan untuk memutus kontrak balapan Rio Haryanto setelah ia tidak mampu memenuhi kewajiban-kewajiban kontraknya," demikian bunyi pernyataan itu.

Rio, yang didukung oleh perusahaan minyak bumi negara Pertamina, melakukan balap debutnya dengan Manor bermesin Mercedes pada balap pembukaan musim Grand Prix Australia pada Maret.

Bagaimanapun, kontraknya bergantung kepada peningkatan dana selanjutnya yang lebih besar. "Beberapa waktu silam manajemennya mengindikasikan bahwa mereka mengalami kesulitan-kesulitan untuk menghormati kewajiban-kewajiban yang ada di kontrak melampaui Grand Prix Hungaria (bulan lalu)," kata direktur balap Manor Dave Ryan, seperti dilaporkan Antara.

"Tim Rio bekerja tanpa kenal lelah untuk berusaha memecahkan situasi dengan para pendukungnya yang berasal dari Indonesia, dan kami telah mendukung upaya-upaya tersebut semaksimal mungkin, termasuk membiarkan Rio untuk membalap di Jerman."

"Sayangnya kami mencapai poin di mana, untuk kepentingan terbaik tim, kami terpaksa mengeksplorasi opsi-opsi lain untuk sisa musim."

Meski Ryan berharap Rio akan menerima tawaran sebagai pembalap cadangan, masih belum ada komentar dari manajemen asal Indonesia.

Rio gagal mendapat angka pada 12 balapan pertama musim ini untuk tim terkecil di strating grid, yang berada di peringkat kesepuluh di klasemen secara keseluruhan setelah Wehrlein finish di urutan kesepuluh di Austria pada Juli.

Ocon dikontrak Mercedes, seperti Wehrlein, dan telah membalap untuk mereka di seri-seri German Touring Car (DTM), sambil juga menjadi pembalap cadangan di Formula 1 untuk Renault.

Pembalap belia ini memenangi kejuaraan FIA F3 pada 2014 dan seri-seri GP3 tahun lalu.

"Ia nyata-nyata merupakan salah satu bintang yang muncul di F1," kata Ryan.

Ocon mengatakan dirinya sangat gembira untuk mendapatkan kesempatan melakukan debut di Spa-Francorchamps, yang nyaris menjadi balapan di kandang sendiri untuknya, dan berterima kasih kepada Mercedes dan Renault yang telah mewujudkan hal ini.

"Saya telah mengunjunginya (Manor) untuk pengukuran kursi dan untuk menemui tim yang lebih luar, maka kami akan siap untuk menghentak setelah libur musim panas," tambahnya.



Editor: Edward Luhukay

Edward Luhukay
11-08-2016 10:30