Main Menu

Rosberg Rebut Gelar Juara F1 dari Hamilton

Edward Luhukay
28-11-2016 01:00

Vivian Sibold & Nico Rosberg (AFP Photo/Karim Sahib)

Abu Dhabi, GATRAnews - Pembalap Jerman Nico Rosberg memenangi kejuaraan dunia Formula 1 untuk pertama kalinya pada Minggu (27/11), setelah finish di posisi kedua pada Grand Prix Abu Dhabi yang dimenangi oleh rekan setimnya di Mercedes Lewis Hamilton. Setelah semua ketegangan dan harapan, balapan ini menyajikan Hamilton mencatatkan kemenangan kesepuluhnya musim ini, dan keempat kalinya secara beruntun, namun ia tidak berdaya untuk menghadang rekan setimnya mengunci gelar juara meski telah mengeluarkan segenap upaya.


Ia berupaya untuk mendorong Rosberg di belakangnya, dengan sengaja melambatkan kecepatan pada putaran-putaran penutup yang membuat para petinggi tim cemas, menghasilkan finish ketat di mana empat pembalap teratas hanya terpaut 1,6 detik.

"Lewis, ini Paddy kami perlu Anda meningkatkan kecepatan untuk memenangi balapan ini," kata kepala teknis tim Paddy Loew kepada pembalap Britania itu melalui radio tim, sebagaimana laporan Antara.

"Sekarang, saya telah kalah pada kejuaraan dunia maka saya tidak peduli jika saya akan kalah pada balapan ini," balas Hamilton, yang melintasi garis finish dengan keunggulan 0,4 detik atas Rosberg, di mana pembalap Ferrari Sebastian Vettel menghuni posisi kedua dan tertinggal 0,4 detik.

Atmosfer dingin tercipta di antara kedua pembalap itu ketika mereka menunggu upacara di podium, di mana Rosberg disambut oleh Bernie Ecclestone namun sang tokoh komersial Formula 1 itu mengabaikan Hamilton.

Hanya ada kontak minimal antara mereka, hanya ada jabat tangan.

Pelukan, jabat tangan, dan kata-kata memberi selamat, terjadi di podium.

"Ini tentu saja bukan balapan yang paling dapat dinikmati oleh saya. Benar-benar tidak menyenangkan pada putaran-putaran terakhir," kata Rosberg saat diwawancarai di podium, yang diperkenalkan oleh mantan pembalap Formula 1 David Coulthard.

"Saya gembira ini sudah berakhir, dan saya begitu senang."

"Ini benar-benar ketat dan berat."

Rosberg, yang hanya perlu finish di posisi kedua di tiga besar untuk memastikan raihan gelar juara, naik ke posisi kedua di saat start ketika Hamilton melejit namun strategi pembalap Britania segera terlihat.

Rosberg hanya melakukan sedikit upaya untuk mengamankan posisi teratas, mengetahui bahwa satu-satunya harapannya untuk menjadi pembalap Britania pertama yang mencatatkan gelar juara dunia sebanyak empat kali, bergantung pada menggagalkan upaya Rosberg dan membiarkan rivalnya itu untuk cukup dekat sehingga dapat menyalipnya. "Sulit pada area itu di mana Lewis memainkan beberapa trik kotor," komentar juara dunia empat kali Vettel melalui radio.

Rosberg, yang menjadi juara dunia ketiga negaranya setelah Michael Schumacher dan Vettel, tetap tenang dan mempertahankan posisinya di mana ia sempat menegaskannya.

Ketika ia melintasi garis finish, putra juara 1982 Keke Rosberg melepaskan ketegangan dan menikmatinya ketika ia menjadi sosok kedua yang merupakan putra juara dunia, setelah Damon Hill asal Britania pernah meraih gelar serupa.

Pada sentuhan emosional lainnya, istri pembalap 31 tahun itu, Vivian, berbicara melalui radio tim saat ia melambatkan laju mobil untuk mengungkapkan rasa bangganya. Kebanggaan serupa juga dimiliki sang pembalap.

"Saya sangat bangga untuk meraih pencapaian serupa seperti yang diraih ayah saya, saya rasa ia akan datang dalam waktu setengah jam lagi," kata Rosberg, yang ayahnya tidak berada di sirkuit dan hanya sempat menyaksikan Grand Prix Monaco tahun ini.

Di saat yang sama, Hamilton tahu ia akan harus menjelaskan penampilan tidak baik ini kepada para petinggi timnya.

"Pertama-tama kami harus berbicara kepada dia untuk mendapatkan penjelasan," kata ketua non-eksekutif Niki Lauda.

"Kami berusaha untuk memberitahukan kepada dia bahaya yang terjadi karena Vettel memiliki mobil tercepat. Syukurlah ini bekerja dengan baik."

Pembalap Red Bull Max Verstappen finish di posisi keempat, balapan lain yang layak dikenang oleh pembalap belia Belanda itu, yang terpelintir pada awal balapan dan bangkit dari posisi terakhir. Rekan setimnya yang berasal dari Australia Daniel Ricciardo berada di peringkat kelima.



Editor: Edward Luhukay

Edward Luhukay
28-11-2016 01:00