Main Menu

Bertarung di Supersport, Ali Adrian Didukung Menpora

Wanto
27-01-2017 11:05

Ali Adrian (Dok. @aliadrianid)

Jakarta, GATRAnews - Pembalap muda Indonesia Ali Adrian Rusmiputro yang akan berkompetisi di pentas dunia kejuaraan balap motor kelas baru, FIM World Championship Supersport 300 mendapat dukungan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. "Kedatangan saya ke kantor Kemenpora ini guna meminta restu kepada Menpora menjelang balapan World Supersport 300 musim 2017," kata Ali, Senin (23/1), di Jakarta.



"Pak Imam justru mendukung dan mudah-mudahan hasil yang saya dapatkan bisa sesuai dengan harapan. Target saya mencapai MotoGP dalam lima tahun ke depan," Ali, menambahkan.

Diakui, selama berdialog dengan Menpora, Ali mendapat masukan dan saran dari orang nomor satu di gedung tersebut. Dirinya diminta dapat mengangkat olahraga otomotif di tingkat dunia sekaligus perkenalkan Indonesia. "Pak Menteri pesan supaya saya konsentrasi penuh guna meraih hasil maksimal. Dia berkata bahwa musuh terbesar adalah diri sendiri," ucap pembalap yang musim lalu mengikuti Andalucia Championship itu.

Ali sendiri bakal menunggangi motor Yamaha YZF-R3 itu. Iaakan mulai berkompetisi pada Maret 2017 di Sirkuit Motorland Aragon. Ada sembilan seri yang bakal diikutinya. "Tentunya kehadiran Ali akan memberikan inspirasi bagi pemuda Indonesia lainnya untuk mengejar mimpi serta prestasi, apalagi animo masyarakat Indonesia di dunia balap motor sangat tinggi, dan kehadiran Ali bisa memberikan edukasi secara tepat. Kemenpora tentunya sangat senang dan bersyukur akan kerja keras yang dilakukan Ali," papar Menpora.

Tercatat perhelatan FIM World Championship Supersport 300 akan berlangsung pada Maret di sirkuit Aragon dan berakhir di sirkuit Losail, Qatar pada November mendatang. "Pada 2016, saya meraih podium 1 di Spanyol. Dan saya memutuskan untuk memilih Kejuaraan Dunia Supersport 300 cc, karena jika dilihat dari hasil, saya berpeluang untuk meraih jenjang menuju World Championship Moto2 dibawah MotoGP," tambah Ali.

Saat ini Ali menjadi satu-satunya wakil dari Asia yang mengikuti kejuaraan dunia ini. "Kebetulan kita memakai Yamaha karena mesin 250 hingga 300 cc dibuatnya di Indonesia jadi ini karya anak bangsa yang akan di bawa ke dunia internasional," lanjut Erin Rusmipoetro selaku manajer dan orangtua Ali.

Sebelum turun ke balapan resmi, Ali akan memulai persiapan dengan mengikuti tes di Sirkuit Andalusia, Spanyol, mulai Januari 2017. Selama disana, ia akan berlatih bersama Esteve "Tito" Rabat yang merupakan juara dunia Moto2 2014.

World Supersport 300 sendiri merupakan balapan baru yang digelar oleh Dorna, pemegang hak komersial MotoGP. Kompetisi tersebut bertujuan mencari talenta dan bakat para pembalap muda baru.



Reporter: Wanto
Editor: Edward Luhukay

Wanto
27-01-2017 11:05