Main Menu

Sirkuit Moto GP Akan Dibangun Di Mandalika Resort,

Rosyid
27-01-2017 17:34

MATARAM, GATRAnews - Managemen Indonesia Tourism Developmant Coorporation (ITDC), ternyata serius akan membangunkan Sirkuit Moto GP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Resort, Kuta, Lombok Tengah.Hanya saja, sirkuit tersebut bersifat seasonal convertible atau musiman kata lain buka tutup.

"Iya itu sudah ada pembicaraan dengan perusahaan Roadgrip Motor Sports UK Ltd dan Mrk1 Counsling. Kedua perusahaan itu sudah buat MoU tanggal 20 Januari,” ungkap Direktur Bidang Pengembangan PT ITDC, Edwin Setiawan di Mataram, Jumat (27/1).

Dia menjelaskan, lintasan motor berkapasitas 350-500 CC itu akan dibangun dalam kawasan dengan kualitas race track. Dimana yang akan dirubah ketika ada event saja. Artinya, sirkuit itu tidak terus digunakan oleh umum atau tertutup kalau tidak ada event. “Sistemnya nanti buka tutup,” katanya.

Edwin menegaskan, adapun nama investor dalam pembangunan sirkuit tersebut yakni perusahaan Prancis Vincy. Pendanaannya dari IDB (Islamic Development Bank).

Direktur  PT ITDC, H Abdulbar M Manseor menambahkan, bahwa konsep pembangunan sirkuit tersebut Street-Race (sirkuit jalan raya) pertama di dunia, berstandart FIM dan FIA untuk kejuaraan dunia dan menawarkan sejumlah keunggulan sehingga dicanangkan sebagai tuan rumah grand frix Mandalika.

“Ini merupakan kebanggaan ITDC, dapat mempersembahkan sebuah infrastruktur jalan kelas dunia yang bisa membawa event-event top dunia ke Lombok dan Indonesia umumnya. Sirkuit ini menawarkan panorama indah sebuah laguna, sollar cell farm, lapangan golf, area perkotaan dan komersil serta Samudera Hindia,”paparnya.

Dikatakannya, struktur alam sekitar sirkuit juga alami yang menyediakan puncak-puncak bukit. Dimana, pengunjung dapat melihat sirkuit secara terbuka sambil menikmati keindahan tepi laut dan area terbuka hijau.

“Penandatangan MoU akan diikuti pengembangan desain dalam beberapa bulan ke depan serta perencanaan untuk penyelenggaraan kejuaraan dunia balap motor Grand Prix Mandalika 2019 mendatang,” tandasnya.




Reporter : Hernawardi
Editor : Rosyid

Rosyid
27-01-2017 17:34