Main Menu

Vettel Menangi Balapan Pembuka F1 2017

Edward Luhukay
26-03-2017 18:10

Sebastian Vettel (AFP Photo/William West)

Jakarta, GATRAnews - Pembalap tim Ferrari, Sebastian Vettel, berhasil memenangi balapan pembuka Formula 1 (F1) musim 2017 dalam Seri GP Australia di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, Minggu (26/3), dengan catatan waktu terbaik 1 jam 24 menit 11,672 detik. Mendampingi Vettel di podium adalah duo Mercedes, Lewis Hamilton, dan Valtteri Bottas, yang masing-masing catatan waktunya terpaut 9,975 detik dan 11,250 detik dari sang pemenang.



Setelah membayangi Hamilton yang memulai balapan dari posisi pertama di awal, Vettel berhasil menyalip sang pesaingnya dalam rangkaian pit stop pertama dan sejak itu pembalap Jerman tersebut tak terkejar hingga memenangi balapan pertama bagi Ferrari sejak 2015 di Singapura.

Sementara, rekan setim Vettel, Kimi Raikkonen, menyelesaikan lomba menempati peringkat keempat dengan catatan waktu terpaut 22,393 detik.

Beralih ke tim Red Bull, yang tak terlihat terlibat dalam perebutan satu tempat di podium dan Max Verstappen finish di urutan kelima, sedangkan rekannya yang juga pembalap tuan rumah, Daniel Ricciardo, harus mengalami akhir pekan yang buruk karena gagal menyelesaikan lomba.

Setelah terkena penalti gearbox yang membuatnya memulai balapan di urutan ke-15, mobil RB12 tunggangannya mengalami masalah dengan transmisi yang tertahan di gigi enam. Sempat diperbaiki di garasi timnya, namun mobilnya hanya bertahan dua putaran lagi sebelum mengalami gagal mesin.

Selanjutnya pebalab veteran Williams, Felipe Massa, menempati urutan keenam di depan pembalap Force India, Sergio Perez, serta duo Toro Rosso, Carlos Sainz Jr. dan Daniil Kvyat, sedangkan Esteban Ocon memulai debutnya bersama Force India dengan meraih satu poin di urutan ke-10.

Sementara itu di urutan ke-11 hingga ke-13, seprti dilaporkan Antara, secara berurutan adalah Niko Huelkenberg (Renault), Antonio Giovinazzi (Sauber) dan Stoffel Vandoorne (McLaren Honda).

Selain Ricciardo sejumlah pembalap lain juga gagal finish, termasuk Romain Grosjean (Haas) pada lap ke-14, diikuti Jolyon Palmer (Renault), Marcus Ericsson (Sauber), Kevin Magnussen (Haas), Lance Stroll (Williams), dan Fernando Alonso (McLaren Honda).



Editor: Edward Luhukay

Edward Luhukay
26-03-2017 18:10