Main Menu

Viñales Juara MotoGP Qatar

Edward Luhukay
27-03-2017 06:59

Maverick Viñales (AFP Photo/Karim Jaafar)

Doha, GATRAnews - Maverick Viñales menangi balapan pembuka musim Moto GP Qatar yang tertunda karena hujan dan harus dipersingkat, Senin (27/3) dini hari WIB, pada balapan debutnya untuk Yamaha. Pembalap Italia Andrea Dovizioso menghuni posisi kedua untuk Ducati, sedangkan kompatriotnya Valentino Rossi, pada usia 38 tahun, kembali ke podium dengan menduduki posisi ketiga untuk Yamaha.



Juara bertahan yang membela Honda Marc Marquez finish di posisi keempat pada malam yang menyajikan kompatriotnya Viñales turun dari posisi terdepan ke urutan kelima pada lap pembukaan, sebelum mampu bangkit untuk mengukir kemenangan kedua sepanjang karirnya.

Balapan ini dimulai dengan ditunda selama 45 menit setelah hujan yang mengguyur trek, di mana banyak terjadi diskusi di antara para pembalap yang melakukan pemanasan sebanyak dua lap sebelum Viñales mengambil posisinya di grid terdepan.

Balapan ini dipangkas menjadi hanya 20 lap, sehari setelah kualifikasi dibatalkan karena cuaca buruk. Pembalap Italia Andrea Iannone mengambil alih posisi pimpinan balapan pada awal, di mana rookie asal Prancis serta juara Moto2 dua kali Johann Zarco melejit dari baris kedua untuk berada di belakangnya, sedangkan Marquez berada di urutan ketiga.

Zarco, yang kini membela tim Tech3 Yamaha, kemudian memimpin dan mulai melakukan apa yang semestinya dapat menjadi penampilan sensasional seandainya ia tidak terjatuh enam lap berikutnya.

Iannone juga terjatuh, membuat Dovizioso bertarung dengan para pembalap Yamaha dan Marquez sebelum kemudian penampilan pembalap Spanyol itu mengendur.

Viñales dan Dovizioso bertukar posisi terdepan sebelum pembalap Spanyol itu, yang merupakan pemenang balapan musim lalu saat masih memperkuat Suzuki, mengamankan posisi itu pada dua lap sebelum lap terakhir. "Ini terasa hebat. Treknya begitu sulit," kata sang pemenang, seperti dilaporkan Antara.

"Lap pertama saya sangat berhati-hati, kemudian ketika orang-orang mulai menekan saya berkata, `Baiklah, inilah saatnya untuk menekan`. Dan saya mulai untuk bangkit sedikit demi sedikit -- saya tidak ingin terlalu merusak ban."

"Ngomong-ngomong, sepeda motor ini hebat," kata pembalap Yamaha itu, yang menjadi pembalap tercepat pada setiap tes pra musim sebelum tiba di Timur Tengah.

Rossi, juara dunia sembilan kali, start dari posisi kesepuluh dan membalap dengan kamera yang lepas dari bagian belakang sepeda motornya setelah sempat melakukan kontak dengan pembalap Britania Cal Crutchlow menuju tikungan pertama. "Jika saya harus bertaruh bahwa saya akan naik podium pada hari ini, saya tentu saja tidak akan bertaruh," kata pembalap Italia itu.

"Namun kami tidak pernah menyerah. Kami berusaha maksimal, kami mencoba tiga atau empat pengaturan yang berbeda pagi ini. Namun saya sangat menikmatinya."

Juara dunia tiga kali asal Spanyol Jorge Lorenzo, yang merupakan pemenang tahun lalu di Qatar yang posisinya di Yamaha diambil alih Viñales setelah ia pindah ke Ducati, finish di posisi ke-11.



Editor: Edward Luhukay

Edward Luhukay
27-03-2017 06:59