Main Menu

Hamilton Menangi GP F1 Tiongkok

Edward Luhukay
09-04-2017 17:45

Lewis Hamilton (AFP Photo/Johannes Eisele)

Shanghai, GATRAnews - Lewis Hamilton menguasai kondisi di Shanghai yang berubah-ubah dan tetap unggul atas rival-rivalnya untuk memenangi Grand Prix Formula 1 Tiongkok, Minggu (9/4). Pembalap Britania itu membawa Mercedesnya melintasi garis finish dengan keunggulan 6,2 detik atas pembalap Ferrari Sebastian Vettel, di mana Max Verstappen, yang memulai balap dari posisi ke-16, secara mengejutkan finish di peringkat ketiga untuk Red Bull.



Ini merupakan kemenangan ke-54 sepanjang karir Hamilton, dan kemenangan kelimanya di Shanghai.

Kemenangan perdana juara dunia tiga kali itu di musim ini mengembalikan Mercedes ke puncak podium, setelah Vettel pada bulan lalu memenangi balap pembukaan musim di Australia bersama Ferrari. "Bagus, rekan-rekan," kata Hamilton kepada timnya melalui radio pada lap pendinginan.

"Kita benar-benar bekerja keras untuk ini," tambahnya

Hamilton, yang finish di posisi kedua di belakang Vettel di Melbourne menuju balap selanjutnya di Bahrain pada pekan depan dengan koleksi angka yang sama dengan pembalap Jerman itu.

Daniel Ricciardo finish di peringkat keempat untuk Red Bull, melintasi garis finish dengan selisih 0,8 detik di belakang Verstappen setelah bersaing ketat dengan pembalap Belanda itu pada fase-fase akhir di balap sepanjang 56 lap itu.

Antara melaporkan, Hamilton memulai balap dari posisi terdepan namun kondisi-kondisinya sedikit berbau keberuntungan bagi seluruh pembalap, di mana trek sedikit basah pada beberapa bagian namun mengering dengan cepat.

Ia menjaga keunggulan atas Vettel, yang harus bertahan dari tekanan Valtteri Bottas di Mercedes lainnya.

Lance Stroll, pembalap rookie berusia 18 tahun, terpelintir dari trek pada lap pertama setelah melakukan kontak dengan pembalap Force India Sergio Perez. Mobil Williams yang dikemudikan pembalap Kanada itu masuk ke gravel, sehingga safety car virtual harus dikeluarkan.

Vettel mengambil kesempatan itu untuk masuk pit dan mengganti ban-ban bertipe cuaca kering.

Perjudiannya gagal membawa hasil ketika Antonio Giovinazzi bertubrukan dengan pembalap Sauber Pascal Wehrlein, sehingga safety car sebenarnya masuk trek dua lap selanjutnya.

Hal itu membuat Hamilton dapat mengganti ban-ban menjadi bertipe kering tanpa kehilangan posisi, dan juga membuat kedua pembalap Red Bull dan rekan setim Vettel di Ferrari Kimi Räikkönen dapat melampaui pembalap Jerman itu.

Verstappen, yang melampaui sembilan mobil pada lap pertama, tiba-tiba mendahului rekan setimnya RIcciardo untuk naik ke urutan kedua.

Bagaimanapun, Vettel mendapati dirinya terhambat di belakang Ricciardo dan Räikkönen yang lebih lambat, sehingga Hamilton dapat meningkatkan keunggulan di depan.

Saat Vettel mampu menyalip pembalap-pembalap di depannya, Hamilton sudah terlalu jauh untuk dapat dikejar.

Räikkönen melewati garis finish dengan menduduki urutan kelima.

Bottas finish di urutan keenam. pembalap Finlandia itu, yang menggantikan juara bertahan yang pensiun Nico Rosberg di Mercedes, start di urutan ketiga namun akibat terpelintir di belakang safety car membuat ia merosot di daftar pembalap.

Sebanyak 15 mobil mampu menyelesaikan balapan Minggu (9/4) yang menampilkan 56 lap, di mana tidak ada satupun mobil McLaren yang mampu melintasi garis finish.

Harapan-harapan Fernando Alonso untuk mendapatkan poin sirna akibat masalah pada driveshaft, sedangkan rekan setimnya Stoffel Vandoorne menepi karena masalah-masalah tekanan bensin.



Editor: Edward Luhukay

Edward Luhukay
09-04-2017 17:45