Main Menu

Dovizioso Jawara MotoGP Sirkuit Motegi

Iwan Sutiawan
15-10-2017 18:18

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso (AFP/Toshifumi Kitamura/HR02)

Jakarta, gatra.com - Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, berhasil menjadi jawara balapan MotoGP seri ke-15 musim kompetisi 2017 di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, Minggu (15/10). Dovizioso berhasil finish pertama setelah berduel sengit dengan pembelap tim Repsol Honda, Marc Marquez.


Davizioso menjadi yang tercepat dengan waktu 47 menit 14,236 detik, setelah menyalip Marquez di tikungan terakhir. Dia terus menguntit Marquez dan mencari celah hingga berhasil mendahului di tikungan 8.

Dovizioso seperti dilansir Antara, kemudian memimpin balapan dengan selisih setengah detik dari Marquez dan mengamankan posisinya hingga melintasi garis finish. Marquez harus puas finish di posisi kedua.

Sedangkan posisi ketiga menjadi milik pebalap Pramac Racing, Danilo Petruci yang finish terpaut 10,5 detik dari Dovizioso. Sedangkan dua pebalap Suzuki, Iannone dan Alex Rins, menguntit di posisi empat dan lima terpaut 18,8 detik dan 22,9 detik dari Dovizioso.

Hasil ini membuat penentuan gelar juara MotoGP semakin seru. Pasalnya, Marquez selaku pimpinan klasemen, hanya terpaut 11 poin dari Dovizioso, yang menempati posisi kedua dan mengumpulkan 233 poin dengan tiga balapan tersisa, yaitu di Philip Island Australia, Sepang Malaysia, dan Ricardo Tommo Valencia.

Pada awal balapan, Marquez memimpin dari barisan depan diikuti Jorge Lorenzo dari Ducati yang mengambil posisi kedua, kemudian mengambil alih posisi terdepan. 

Marquez, yang diikuti Petrucci dan Dovizioso, kemudian mendahului Lorenzo. Setelah itu Marquez, Petrucci, dan Dovizioso bertarung sengit hingga balapan tersisa tiga putaran.

Sedangkan Valentino Rossi mengalami nasib sial karena terjatuh saat balapan memasuki tikungan kedelapan sehingga tertahan di peringkat lima klasemen sementara dengan 168 poin, atau tertinggal 244 poin dari Marquez.


Reporter: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
15-10-2017 18:18