Main Menu

Ujicoba Pra-musim F1, Vettel Tercepat

Arif Prasetyo
28-02-2018 14:13

Pebalap Ferrari Sebastian Vettel tercepat dalam ujicoba pra-musim Formula One di Sirkuit de Catalunya, Spanyol (REUTERS/Albert Gea/RT)

Barcelona, Gatra.com – Pebalap Ferrari Sebastian Vettel tercepat dalam ujicoba pra-musim Formula One di Sirkuit de Catalunya, Spanyol, Selasa (27/2) waktu setempat. Sementara saingannya dari Mercedes Lewis Hamilton membawa satu tim dan "mengorbankan" tugas yang dijadwalkan.


Seperti dilansir laman Reuters, Rabu (28/2) pebalap Vettel, seperti Hamilton juara empat kali, tersendat dengan waktu terbaik satu menit 19.673 detik dengan menggunakan ban lunak dan juga menyelesaikan putaran paling banyak (98) meski mengalami cuaca bersalju.

Waktu tercepat pebalap asal Jerman ini mengatakan, Ferrari lebih fokus pada keandalan daripada performa pada tahap ini.

"Dari sudut pandang operasional, semuanya berjalan lancar dan saya akan bilang mobilnya bekerja. Tapi kondisi hari ini bukan yang biasanya Anda jalankan mobil F1," kata Vettel.

Sementara, Hamilton seharusnya bisa melakukan tes di sore hari tapi Mercedes mengubah jadwal untuk mempertahankan rekan setimnya Valtteri Bottas di mobil sepanjang hari daripada membuang-buang waktu.

"Dengan kondisi cuaca yang naik turun, dan hilangnya waktu lintasan yang kita alami kemarin, masuk akal untuk menjaga Valtteri di mobil siang ini," kata orang Inggris itu dalam sebuah tim review atas tindakan hari tersebut.

"Setelah berjalan di pagi hari, dia merasa nyaman berada di dalam mobil dan kami akan kehilangan sekitar satu jam waktu berjalan dengan pengemudi," tambah sang juara.

"Tanpa pemahaman yang jelas tentang apakah cuaca baik datang atau tidak, saya mengambil keputusan untuk mengorbankan waktu itu agar tim dapat memperoleh pemahaman mobil dengan lebih baik melalui rencana yang dijalankan."

Bottas berada di urutan kedua secara keseluruhan, 0,303 lebih lambat dari Vettel, dengan waktu terbaiknya juga mengalami softs.
"Saya tidak berpikir saya pernah terdorong dalam kondisi dingin seperti sebelumnya di Formula Satu," kata Finn. "Ban tidak dibuat untuk kondisi seperti ini."

McLaren mengalami nasib yang baik di hari kedua, ketika mobil Fernando Alonso kehilangan satu roda dan menabrak kerikil, dengan bek Belgia Stoffel Vandoorne tercepat ketiga tapi hanya dengan 37 lap.

Tim tersebut mengatakan, sebuah klip knalpot yang rusak telah menyebabkan gas panas ditiupkan kembali ke alat tenun kabel yang termasuk kawat rem. McLaren melepas mobilnya tapi cuaca memburuk saat mobil itu sudah siap di lintasan.

Max Verstappen dari Red Bull juga mengalami masalah teknis, setelah rekan setimnya dari Australia Daniel Ricciardo telah menetapkan waktu tercepat pada hari Senin, dengan mobil tersebut disimpan di garasi hampir sepanjang pagi saat para mekanik mengerjakannya.

Pembalap asal Belanda berusia 20 tahun itu finis di urutan keempat tercepat.

Waktu pra-musim tercepat hari kedua:
1 Sebastian Vettel (Ger) Ferrari satu menit 19.673 detik *
2 Valtteri Bottas (Fin) Mercedes 1: 19.976
3 Stoffel Vandoorne (Bel) McLaren-Renault 1: 20.325 ****
4 Max Verstappen (Ned) Red Bull-Renault 1: 20.326
5 Carlos Sainz (Spa) Renault 1: 21.212 *
6 Pierre Gasly (Fra) Toro Rosso-Honda 1: 21.318 *
7 Robert Kubica (Pol) Williams-Mercedes 1: 21.495 *
8 Sergey Sirotkin (Rus) Williams-Mercedes 1: 21.822 *
9 Esteban Ocon (Fra) Force India-Mercedes 1: 21.841 *
10 Charles Leclerc (Sen) Sauber-Ferrari 1: 22.721 *
10 Kevin Magnussen (Den) Haas-Ferrari 1: 22.727 *
* = waktu yang ditetapkan pada ban lunak; ** = waktu yang disetel pada ban super lembut; **** = time set pada ban hyper-soft; semua waktu lain di media


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
28-02-2018 14:13