Main Menu

Valentino Rossi Resmi Tetap Bersama Yamaha untuk 2 Musim

Iwan Sutiawan
15-03-2018 23:56

Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi. (REUTERS/Susana Vera/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Juara dunia sembilan kali MotoGP, Valentino Rossi, telah menandatangani perpanjangan kontrak dengan Yamaha. Kontrak Rossi dengan tim Yahama tersebut berdurasi untuk dua tahun ke depan atau dua musim balapan.


Laman BBC, Kamis (15/2), melansir, bahwa pembalap berusia 39 tahun asal Italia itu telah bersama Yamaha selama 13 musim, namun kontraknya bakal berakhir pada akhir 2018.

Kontrak baru tersebut menjadikan Rossi setidaknya akan memacu motor di sirkuit hingga usia 41 tahun. Dia menjadi pembalap pertama sejak Colin Edwards yang masih menggeluti balapan di usia sekitar 40 tahun pada 2014 lalu.

"Saya tahu ini akan menjadi sulit dan membutuhkan banyak usaha dari pihak saya, tapi saya siap. Tantangannya sulit, menjadi kompetitif sampai saya berusia 40 tahun," kata Rossi.

Pembalap dengan julukan The Doctor itu akan terus menjadi rekan setim Maverick Vinales yang lebih dahulu memperpanjang kontrak bersama Yamaha dan bertahan hingga akhir musim 2020.

"Ketika saya menandatangani kontrak terakhir dengan Yamaha, pada Maret 2016, saya bertanya-tanya apakah itu akan menjadi kontrak terakhir sebagai pembalap MotoGP. Pada saat itu, saya memutuskan akan mengambil keputusan selama dua tahun berikutnya," ujarnya.

Rossi melanjutkan, ia telah memutuskan untuk tetap balapan di MotoGP, karena balapan menjadikannya senang, khususnya saat menunggangi motor M1. "Terutama mengendarai M1, adalah hal yang membuat saya merasa senang," ujarnya.

"Memiliki kesempatan untuk bekerja dengan tim saya, dengan Silvano [Galbusera, kepala kru], Matteo [Flagmini, data telemetri] dan semua mekanik, serta bekerja dengan seluruh engineer Jepang, Tsuji-san, merupakan sebuah kesenangan. Saya bahagia," ujarnya.

Rossi pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Yamaha, khususnya Lin Jarvis dan Maio Meregalli yang kembali memberikan kepercayaan untuk tetap menjadi pembalap, meskipun tantangannya sangat sulit yakni harus tampil kompetitif di usia 40 tahun.

"Saya tahu ini akan menjadi sulit dan membutuhkan banyak usaha dari pihak saya dan latihan keras. Tapi saya siap. Saya tidak kekurangan motivasi. Karena itulah saya menandatangani [kontrak] dua tahun lagi," ujarnya.

Rossi melakoni debut di kelas premier pada tahun 2000 yang kala itu bernama GP 500cc. Dia telah mengoleksi 56 kemenangan di MotoGP, termasuk gelar juara 2004, 2005, 2008, dan 2009.


Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
15-03-2018 23:56