Main Menu

Hamilton Memenangkan F1 GP Jerman

Arif Prasetyo
23-07-2018 10:53

Mercedes 'Lewis Hamilton merayakan di podium setelah memenangkan balapan. (REUTERS / Wolfgang Rattay/RT)

Jerman, Gatra.com - Lewis Hamilton kembali memenangkan kejuaraan Formula Satu Grand Prix Jerman setelah pemimpin lomba Sebastian Vettel mengalami kecelakaan, pada Ahad (22/7).

 

Sementara rekan setim Mercedes, Valtteri Bottas memulai dan finis kedua, dengan Kimi Raikkonen berada di posisi ketiga untuk Ferrari. Pembalap Red Bull Max Verstappen berada di urutan keempat untuk Red Bull, tetapi rekan setimnya Daniel Ricciardo keluar setelah naik dari posisi terakhir di grid ke ketujuh.

Sebelum mengambil alih posisi terdepan Hamilton dipanggil untuk berbicara kepada tim mekanik untuk menjelaskan suatu langkah di akhir perlombaan, di mana dia pergi ke pit dan kemudian membatalkan langkahnya. Dia lolos dengan teguran dan terus menang keempatnya musim ini dan ke-66 secara keseluruhan.

“Ini adalah hari yang paling emosional,” kata Hamilton lega, seperti dikutip Associated Press, Ahad (22/7). “Saya baru saja 100 persen terbuka dengan mereka. Mereka bisa melihat betapa membingungkannya itu.”

Insiden itu datang ketika mobil ambulan meluncur setelah terjadi kecelakaan mendadak yang menimpa Vettel. Hamilton memutuskan untuk tidak mengadu pada detik terakhir dan menyeberangi lintasan rumput untuk bergabung kembali dengan trek - yang dilarang.

“Saya hanya melambat dan berguling di atas rumput, dan mencoba untuk bergabung dengan trek seaman mungkin,” kata Hamilton, yang menyelesaikan di depan rekan setim Mercedes, Valtteri Bottas.

Sebelumnya, hujan deras memainkan malapetaka di Hockenheimring ketika Vettel salah menilai entri dasar ke belokan dan meluncur di atas kerikil ke dalam pagar dengan 15 lap untuk pergi.

Juara Formula Satu empat kali dimulai dari posisi terdepan dan tampak memegang kendali. Setelah mengalami keelakaan dia frustrasi saat keluar dari mobilnya.

“Saya membuangnya. Itu adalah kesalahanku, ”kata Vettel. “Saya sedikit terlambat di rem, mengunci air mata dan saya tidak bisa berputar. Itu bukan kesalahan terbesar yang pernah saya lakukan, tetapi salah satu yang paling mahal. "

Kecelakaannya membuka pintu lebar-lebar untuk Hamilton, yang 17 poin dari Vettel setelah tertinggal delapan sebelumnya.

Pembalap Inggris itu berada di urutan keempat pada saat Vettel tiba-tiba tergelincir, setelah mulai dari posisi 14 di grid karena masalah hidrolik di babak kualifikasi.


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
23-07-2018 10:53