Main Menu

Dani Alves Tinggalkan Barça

Edward Luhukay
03-06-2016 10:30

Madrid, GATRAnews - Bek kanan Barcelona asal Brasil, Dani Alves, memutuskan untuk meninggalkan Nou Camp setelah delapan tahun membela sang juara Spanyol, kata pihak klub, Kamis (2/6). Alves, 33 tahun, yang memenangi 23 gelar selama masa baktinya di Barça, kini berstatus free agent. Ia tidak memberi indikasi ke mana dirinya merencanakan pergi, namun agen sang pemain sekaligus mantan istrinya, Dinorah Santa Ana da Silva, mengatakan pada pekan lalu bahwa ia telah bertemu beberapa perwakilan serta sejumlah klub Eropa lainnya.

"Ini merupakan keputusan pribadi yang harus diterima klub," kata Direktur Olahraga Barça Robert Fernández pada konferensi pers, seperti dilaporkan Antara.

Ia mengatakan sang pemain memperpanjang kontraknya untuk satu musim tambahan pada tahun lalu untuk memastikan Barça memiliki pelapis, setelah mereka dilarang merekrut pemain-pemain baru oleh badan sepak bola dunia FIFA karena melanggar peraturan-peraturan seputar perekrutan pemain non-Spanyol di bawah 18 tahun.

Namun Fernández mengatakan, permintaan Alves untuk pergi tahun ini telah didiskusikan. "Hal yang dapat kami lakukan adalah menghormati keputusannya," ucapnya, menegaskan bahwa Alves kini berstatus free agent.

"Bagi pemain-pemain yang datang kemari, ini merupakan tujuan mereka. Kami bukan klub yang membeli pemain-pemain dan kemudian menjual mereka. Kami adalah tujuan."

Alves memenangi tiga trofi Liga Champions, tiga Piala Super Eropa, tiga Piala Dunia klub, dan enam gelar Liga Spanyol bersama Barça. Ia juga memenangi sejumlah penghargaan domestik bersama klub sebelumnya Sevilla.

Fernández mengatakan, terdapat peningkatan kesulitan untuk bersaing secara keuangan dengan Liga Premiership Inggris, yang telah mengamankan kesepakatan televisi yang semakin menguntungkan untuk musim depan.

Barça, lanjutnya, telah merekrut Aleix Vidal dari Sevilla, dengan pandangan dirinya dapat menggantikan Alves, dan sejumlah rekrutan lain sudah masuk dalam pertimbangan.

Fernández juga mengatakan kepada para pewarta bahwa ia yakin penyerang asal Brasil mereka, Neymar, dan bek asal Argentina, Javier Mascherano, yang dikait-kaitkan dengan peluang kepindahan, akan bertahan di Nou Camp.



Editor: Edward Luhukay

Edward Luhukay
03-06-2016 10:30