Main Menu

PON 2016 - Jabar Raih Emas Sepak Bola

Edward Luhukay
29-09-2016 09:59

Bandung, GATRAnews - Medali emas dari cabang sepak bola menyempurnakan sukses Jawa Barat (Jabar) menjadi juara umum PON XIX/2016 setelah pada final mengalahkan Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui adu penalti 5-4 (0-0) di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Rabu(29/9). Dewi Fortuna tengah berpihak kepada tuan rumah yang juga meraih medali emas paling bergengsi dari cabang olahraga paling populer di Tanah Air itu.

Namun perjuangan Gian Zola dan kawan-kawan harus melewati babak adu penalti waktu setelah dalam waktu normal 90 menit skor imbang dan babak perpanjangan imbang 0-0.

Dalam adu penalti, lima penembak Jabar sukses melakukan eksekusi yakni Alfan, Feby Haryadi, Gian Zola, Pian Sopian dan Sugianto. Hanya penembak ketiga Erwin Ramdhani.

Sementara Sulsel hanya empat pemain yang mampu melakukan eksekusi dan gol yakni Adi Setiawan, F Muslim, M Fadlan, W Hasbullah. Sedangkan dua penembak terakhir Sulsel Alya Alfuad dan Irfan Arfandi mampu di blok kiper M Natsir dari Jabar sehingga kedudukan akhir 4-5 untuk Jabar.

Antara melaporkan, dengan kekalahan dramatis itu Sulsel harus puas dengan medali perak. Sedangkan medali perunggu diraih oleh Papua yang pada perebutan tempat ketiga mengalahkan Sumatera Selatan dengan skor 1-0.

Tim asuhan pelatih Lukas Tumbuan itu mengakhiri penantian panjang Jabar untuk menghadirkan medali emas PON. Prestasi terbaik terakhir pada PON XV di Jawa Timur. "Hasil ini sangat membanggakan bagi kami karena bisa menghadirkan emas, ini hasil kerja keras dan tim kami akhirnya lebih siap meski harus ditentukan lewat adu penalti yang sebenarnya tidak kami harapkan," kata pelatih Jabar Lukas Tumbuan, seperti dilaporkan Antara.

Perjuangan tim Jabar yang berkostum biru-biru itu disaksikan langsung oleh Gubernur Jabar yang juga Ketua PB PON XIX/2016 Jabar, Ahmad Heryawan. Selain itu hadir pula Gubernur Papua Lukas Enembe dan Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman.

Pesta kemenangan tim Jabar berlangsung saat pengalungan medali emas oleh Ketua Umum PB PON XIX Jabar H Ahmad Heryawan. Sebelumnya pengalungan medali perak dan perunggu dilakukan oleh Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman.



Editor: Edward Luhukay

Edward Luhukay
29-09-2016 09:59