Main Menu

Ini Lima Nama Calon Pelatih Timnas Italia

Iwan Sutiawan
20-11-2017 09:57

Carlo Tavecchio (AFP Photo/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Carlo Tavecchio, menyampaikan lima nama yang masuk dalam bursa calon pelatih baru Italia untuk menggantikan Gian Piero Ventura. Ventura dipecat karena gagal membawa Gli Azzurri lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia.


Adapun kelima nama yang disebut Carlo Tavecchio seperti dilansir Antara, Senin (20/11), adalah Carlo Ancelotti, Antonio Conte, Max Allegri, Claudio Ranieri, dan Roberto Mancini.

Namun demikian, Tavecchio mengakui tidak mudah jika salah satu di antara kelimanya terpilih sebagai pelatih timnas Italia, karena mereka masih terikat kontrak sebagai pelatih di sejumlah klub.

"Pada saat ini semuanya memiliki kontrak hingga Juni. Ini adalah transaksi jutaan pound, kami tidak bisa membayar klausul pelepasan (kontrak)," kata Tavecchio.

Dari kelima nama yang masuk bursa calon pelatih Italia, lanjut
Tavecchio, pihaknya sedang mencari satu yang terbaik untuk kemudian dipilih dan ditetapkan sebagai pelatih Timnas Italia.

"Jelas, ketika saya mengatakan itu, maksud saya apakah itu Ancelotti, atau Conte, atau Allegri, atau Ranieri, atau orang lain seperti Mancini, itu adalah daftar pilihannya," katanya.

Ancelotti memang telah dipecat Bayern Muenchen, namun bekas juru taktik AC Milan itu masih terikat kontrak hingga Juni 2018. Conte berpeluang kembali ke Italia, namun bekas pelatih Juventus itu masih menukangi Chelsea.

Sedangkan Allegri masih terikat kontrak dengan Juventus, Mancini baru saja menandatangani kesepakatan dengan klub Rusia, Zenit Petersburg, dan Ranieri juga sedang membangun klub Prancis, FC Nantes.

Azzurri absen pertama kalinya sejak 1958 setelah menelan kekalahan 1-0 atas Swedia pada laga playoff zona Eropa. Kendati mengalami kegagalan, Tavecchio justru menolak mundur dari kursi presiden federasi walaupun muncul desakan agar dia melepas jabatannya.

"Saya merenung dengan hati-hati dan saya berniat melanjutkan proyek yang telah kami tempatkan. Proyek Italia ini tidak hanya soal hasil," kata Tavecchio.

Tavecchio menambahkan, "Anda ingin saya mengatakan saya akan mengundurkan diri, tapi saya tidak akan mengundurkan diri. Kenapa harus mengundurkan diri jika proyek saya disetujui oleh Komisi Federal?"


Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
20-11-2017 09:57