Main Menu

Lopez Bawa PS Tira Tumbangkan Bali United

Mukhlison Sri Widodo
01-05-2018 12:18

Pertandingan PS TIRA vs Bali United. (GATRA/Arif Koes/FT02)

Yogyakarta, Gatra.com - Lewat tendangan bebas di menit 81, Guztavo Fabian Lopez dari PS Tira antarkan kekalahan pertama bagi Bali United di pertandingan lanjutan Liga 1 2018 di Bantul, Senin (30/4), malam. 

 

Kemenangan ini menjadi penanda kebangkitan PS Tira usai memperoleh hasil mengecewakan di lima pertandingan terakhir.

Berambisi meraih kemenangan cepat, sejak peluit babak pertama pemain PS Tira mengerahkan semua kemampuan untuk membongkar pertahanan Bali United. 

Peluang pertama didapatkan penyerang Wawan Febriyanto yang tendangan kencangnya terbang tipis di atas gawang Bali United di menit 15.

Tiga menit berselang, kapten Bali United Fadil mencoba tendangan dari luar kota penalti, namun masih bisa diamankan kiper PS Tira Teguh Amiruddin. 

Permainan terbuka dan saling serang diperagakan kedua tim selama sepertiga babak pertama.

Gol nyaris tercipta di menit 30, andaikata tendangan pemain PS Tira, Aleksandar Rakic dari sudut sempit tidak menghantam tiang gawang. 

Baru pada menit ke-33, Wawan Febriyanto mencetak gol usai memaksimalkan tendangan sudut Lopez melalui sundulan. PS Tira unggul 1:0.

Sayangnya, Bali United berhasil menyamakan kedudukan di menit 34 lewat kaki Stefano Lilipaly usai kerjasamanya dengan Nick Van Der Velden di kota penalti PS Tira.

Menyadari timnya kalah dalam menyerang, pelatih PS Tira Rudi Eka Priyambada memutuskan mengganti kapten Manahati Lestusen di menit 39 dengan Gaselly Jun Panam. 

Manahati dinilai bermain tidak maksimal. Babak pertama berakhir imbang.

Memasuki babak kedua, permainan menyerang dari kedua tim tidak menurun. Meski sempat terkurung hingga pertengahan babak ke dua, PS Tira memiliki peluang emas di menit 65, saat Ahmad Nufiandani yang baru masuk lolos jebakan offside dengan tendangan tidak tepat sasaran.

Meski bermain hati-hati di daerah pertahanan sendiri, pemain Bali United Ahn Byungkeon melakukan pelanggaran kepada Wawan dan menghasilkan tendangan bebas di depan kotak penalti.

Eksekusi cantik dilakukan Lopez dengan menempatkan bola di pojok kiri gawang dengan keras di menit 81. Skor 2:1 PS Tira unggul atas Bali United.

Usai gol ini, permainan PS Tira semakin beringas. Aleksander Rakic sempat memiliki peluang emas saat tinggal berhadapan dengan kiper Bali United pada menit 88 namun tendangannya masih lemah.

Aksi yang sama dilakukan Ahmad di menit 91 namun tendangan melaju kencang di sisi gawang.

Hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan, PS Tira memberikan kekalahan pertama bagi Bali United.

Pelatih PS Tira, Rudi,  mengatakan inilah permainan anak-anaknya yang sesungguhnya. Stamina mereka dinilai sudah pulih setelah berlatih keras pada tengah hari.

“Khusus Gustavo, he is back! Golnya memberikan semangat kepada anak-anak dan saya harap konsistensi dalam bermain seperti inilah yang saya harapkan dari mereka ke depan,” katanya.

Soal Manahati, Rudi menyatakan dia tidak ambil pusing dengan sikapnya yang langsung masuk ruang ganti saat diganti. Baginya, kemenangan tim adalah yang terpenting.

“Anak-anak saya minta jangan sumringah dulu atas kemenangan ini. Masih banyak pertandingan. Ini seperti berlari maraton, harus fokus dan terus menjaga konsentrasi di setiap pertandingan,” ujarnya.

Pelatih Bali United Widodo C Putra mengakui bahwa anak-anaknya kecolongan di sepertiga akhir babak kedua. 

Meski sudah meminta mereka hati-hati di daerah pertahanan dengan tidak membuat pelanggaran,  pihaknya merasa sedang tidak beruntung.

“Soal bola mati, PS Tira perlu diwaspadai karena memiliki pemain spesial seperti Lopez. Dia memberi hukuman atas kesalahan kami dengan memberikan kekalahan bagi kami,” jelasnya.

Bertanding di hadapan sekitar 1.880 penonton di Stadion Sultan Agung, Bantul, kemenangan ini menempatkan PS Tira di posisi 15 dengan 7 poin. Sementara Bali United di posisi 7 dengan 9 poin.


Reporter : Arif Koes
Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
01-05-2018 12:18