Main Menu

Timnas U-19 Takluk di Kandang PSS Sleman

Mukhlison Sri Widodo
03-06-2018 09:53

Pertandingan Timnas U-19 vs PSS Sleman. (GATRA/Arif Koes/FT02)

Yogyakarta, Gatra.com - PSS Sleman seakan memberi pelajaran ke tim nasional (timnas) U-19 dengan kemenangan 2:0 di laga ujicoba di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (2/6) malam.

 

Ini kekalahan kedua kali bagi timnas asuhan Indra Sjafri melawan tim Liga II. Sebelumnya timnas juga tumbang oleh Persis Solo yang berakhir 3:0.

Timnas sebenarnya mampu menampilkan permainan individu menarik. Namun Eggy Maulana dan kawan-kawan dipaksa mengakui kedigdayaan PSS dengan dua gol.

Awal babak pertama, timnas U-19 berinisiatif menyerang. Pada menit pertama, Aby Sarahil berhasil menerima umpan Feby Eka Putra, tapi tendangannya melenceng dari gawang PSS.

Tak ingin malu di hadapan puluhan ribu pendukungnya, PSS Sleman membalas. 

Pada menit ketiga pemain sayap kanan PSS Slamet Budiono menerima umpan tengah. Namun tendangannya terbang tinggi di atas mistar gawang Gianluca Rosey.

Di menit ke tujuh dan ke-23, Slamet juga berhasil menerobos pertahanan timnas U-19 yang dikawal Kadek Raditya dan Firly. Tapi tendangannya tidak mengenai sasaran. 

Baru pada menit ke-39, Slamet mencetak gol setelah menerima umpan matang Ikhsan Pratama.

Kedudukan 1:0 untuk PSS Sleman hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, pergantian pemain dilakukan kedua tim. Timnas U-19 masih mengandalkan Egy Maulana dan Aby Sarahil membongkar pertahanan PSS.

Namun anak asuh pelatih Indra Sjafri malah dihukum gol dari Ikhsan Pratama lewat gol jarak dekat di menit ke-61. Kedudukan 2:0 tidak berubah hingga akhir pertandingan.

Pelatih Indra Sjafri menyatakan meski kalah anak asuhnya bermain lebih baik  dibandingkan laga sebelumnya.

“Saya mencoba komposisi berbeda untuk melihat kemampuan pemain guna memastikan mereka bisa masuk pemusatan latihan tahap kedua apa tidak,” ujarnya.

Dari dua pertandingan, Indra berkata sektor pertahanan dan penyerang  perlu diperbaiki. Karena itu, di pemusatan latihan tahap kedua, dia akan memanggil dua-tiga pemain dari Liga III.

Training center tahap kedua timnas U-19 akan dilaksanakan mulai 16 Juni dengan tujuan membentuk  tim yang berlaga di Piala AFF U-19 dan Piala Asia U-19 2018.

“Dua kali ujicoba memang Egy saya turunkan penuh karena tanggal 10 Juni dia harus kembali ke timnya untuk pre season,” katanya.

Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiantoro melihat pemain timnas U-19 memiliki kemampuan individual lebih bagus dibanding anak didiknya. Namun dalam pertandingan ini, ia fokus pada perkembangan tim.

“Saya sengaja menurunkan beberapa pemain yang jarang turun saat pertandingan Liga II untuk melihat skema permainan yang nanti bisa diterapkan,” jelasnya.

Seto menganggap timnas U-19 saat ini memiliki potensi besar menjadi tim hebat. "Tinggal bagaimana pelatih Indra membentuk karakter bermainnya," ujar dia.


Reporter : Arif Koes
Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
03-06-2018 09:53