Main Menu

Pemain Senior Amankan Peluang Jepang di Piala Dunia 2018

Rosyid
25-06-2018 09:55

Keisuke Honda (REUTERS/Marcos Brindicci/yus4)

Yekaterinburg, Gatra.com - Jepang menahan imbang Senegal dalam pertandingan grup H di Piala Dunia 2018. Senegal yang memimpin 2-1 hingga menit-menit akhir babak kedua, harus memungut bola dari gawangnya saat pemain Jepang Keisuke Honda menyamakan kedudukan 2-2 di menit 78.

Dengan hasil imbang, Jepang dan Senegal sama-sama memimpin Grup H. Sehingga juara Grup akan ditentukan dari hasil pertandingan antara Jepang menghadapi Polandia di Volgograd, Kamis mendatang. Sementara itu Senegal akan bertemu Kolombia.

Keisuke Honda duduk di bangku cadangan hingga menit 72. Pemain senior Jepang ini dikirim masuk kelapangan pada sesaat setelah Senegal menciptakan gol kedua di menit 71. Bagi Honda, gol ke gawang Senegal menjadi rekor tersendiri baginya, yaitu pemain Jepang pertama yang mencetak gol di tiga Piala Dunia yaitu 2010 dan 2014. Selama karir internasionalnya pemain berusia 32 tahun itu mencetak 37 gol.

Senegal memimpin sejak menit ke-11 lewat tendangan sentuhan kaki Sadio Mabe setelah penjaga gawang Jepang Eiji Kawashima tidak bisa mengontrol tembakan dari Youssouf Sabaly. Jepang membalas pada menit 34 lewat tendangan Takashi Inui. Senegal kembali memimpin di menit 71 lewat sentuhan kaki Moussas Wague.

Semenit kemudian pelatih Jepang Akira Nishino memasukkan Keisuke Honda dan striker Shinji Okazaki. "Saya percaya telah melakukan penggantian yang tepat. Kami benar-benar ingin menang, kami ingin menyamakan kedudukan dan juga memimpin meskipun hanya tersisa waktu singkat," katanya seperti dilaporkan Japan Today, Senin (25/6).

Aliou Cisse, pelatih Senegal mengatakan timnya harus lebih agresif. "Kita harus lebih konsentrasi dan lebih teliti," kata Cisse yang menjadi kapten tim Senegal saat berhasil measuk perempat final 2002. "Kami tidak kalah hari ini. Kami tidak memainkan pertandingan hebat, tapi kami tidak kalah."

Setelah pertandingan selesai, para fans Jepang dan Senegal - dilengkapi dengan kantong sampah biru - bergabung untuk membersihkan stadion Yekaterinburg.

Sebelumnya mereka melakukan hal yang sama setelah kemenangan Jepang atas Kolombia dan kemenangan Senegal atas Polandia pada Selasa lalu.


Editor: Rosyid

Rosyid
25-06-2018 09:55