Main Menu

Nil Maizar Raih Kemenangan Perdana

Mukhlison Sri Widodo
24-07-2018 22:31

Pertandingan PS Tira vs Persiba Bantul. (GATRA/Arif Koes/FT02)

Yogyakarta, Gatra.com - Pelatih Nil Maizar akhirnya membawa kemenangan perdana sejak dipercaya melatih PS Tira. 

 

Di pertandingan kelimanya, PS Tira melawan Persiba Bantul dalam babak 128 besar Piala Indonesia 2018 dan menang 4:0.

Sejak ditunjuk menjadi pelatih 4 Juli lalu, Maizar belum pernah membawa timnya menang di empat pertandingan Liga Utama Gojek. 

Bahkan di petandingan terakhir melawan Borneo FC, PS Tira menelan kekalahan 3:4.

Bertajuk ‘Derby Bantul’, pertandingan digelar di Stadion Sultan Agung pada Selasa (24/7). Persiba yang saat ini berlaga di Liga 3 bertindak sebagai tuan rumah.

Sesuai prediksi, pertandingan berjalan berat sebelah. Sepanjang babak pertama, pemain lapis dua PS Tira mampu mengurung pertahanan Persiba. 

Namun buruknya penyelesaian akhir menjadikan babak pertama berakhir tanpa gol.

Memasuki babak kedua, PS Tira mencoba membangun skema serangan yang berbeda. Hasilnya, di menit 51, gelandang tengah PS Tira Ahmad Nufiandani menciptakan gol pertama.

Gol dari Dani menambah semangat pemain PS Tira. Empat menit kemudian, Sansan Fauji Husaien menambah keunggulan PS Tira lewat penalti usai pelanggaran bek Persiba Kesuma Satria Yudistira di area terlarang. PS Tira unggul 2:0.

Lewat serangan balik, Dani membawa PS Tira unggul tiga gol di menit 66 dan kemenangan 4:0 ditutup Firmansyah pada menit 71.

Usai pertandingan, pelatih Nil Maizar mengutarakan kecewa atas penampilan pemainnya di babak pertama.

“Anak-anak terlalu buru-buru dalam menyerang. Padahal semuanya harus dimulai dari bawah. Babak kedua kami sudah ubah skema dengan bangun serangan perlahan-lahan dan kuasai bola. Syukur mereka membawa kemenangan perdana bagi saya,” ujarnya.

Meski menurunkan pemain lapis dua, Nil Maizar menyatakan melawan Persiba seperti melawan tim-tim besar lain. Semua pemain dituntut fokus bermain secara maksimal.

Menurut Maizar, dari pertandingan ini, selain menambah jam terbang pemain lapis dua, ia sudah menemukan para pemain yang layak masuk 22 pemain inti PS Tira guna melanjutkan putaran kedua Liga Utama Gojek.

Adapun pelatih Persiba Suwandihadi Siswoyo mengatakan memang telah memprediksi anak didiknya menelan kekalahan dan pertandingan ini dianggap sebagai ujian pertama sebelum terjun di Liga Tiga pada 29 Juli.

“Menghadapi PS Tira kami kalah, namun ini penting bagi pemain. Pertandingan ini menjadi pembelajaran dan evaluasi bagi kami sebelum liga dimulai,” ujarnya.

Menurut dia, salah satu evaluasi penting adalah mudahnya pemain kehilangan bola sehingga membuat mereka mengerahkan banyak tenaga untuk merebutnya. 

Kondisi ini membuat pemain kelelahan dan menurunkan kepercayaan diri.

Hingga pekan depan, Stadion Sultan Agung menjadi tempat pertandingan besar. 

Pada Kamis (26/7) digelar "derbi" DI Yogyakarta yang mempertemukan PSIM Jogja melawan PSS Sleman melanjutkan Liga Dua. 

Selanjutnya Jumat (27/7), Persija menjamu PS Bhayangkara dan PS Tira  melawan Persib  Bandung, Senin (30/7).


Reporter : Arif Koes
Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
24-07-2018 22:31