Main Menu

Timnas Indonesia Targetkan Juara Piala AFF U-16

Iwan Sutiawan
28-07-2018 17:54

Stadion Gelora Delta Sidoarjo. (Dok.Delta mania/RT)

Surabaya, Gatra.com - Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 menargetkan juara turnamen Piala AFF U-16 yang berlangsung di Sidoarjo dan Gresik, Jawa Timur (Jatim), pada 29 Juli-11 Agustus 2018.

"Timnas U-19 lalu berada di peringkat ketiga, kini saatnya Timnas U-16 juara," ujar pelatih Timnas U-16, Fachry Husaini, kepada wartawan di Surabaya, Sabtu (28/7).

Pada turneman ini, Indonesia berada di grup A bersama lima negara lainnya, yakni Filipina, Myanmar, Vietnam, Timor Leste, dan Kamboja, yang seluruh pertandingannya digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Sedangkan, di grup B pada pertandingan yang berlangsung di Gelora Joko Samudro Gresik, dihuni oleh Malaysia, Thailand, Laos, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Menurut Fachry, peluang anak asuhnya untuk menjuarai turnamen ini sangat terbuka, terlebih bermain di kandang sendiri dan diperkirakan mendapat dukungan penuh dari suporter yang memadati stadion.

"Dukungan dan doa sangat kami harapkan dari masyarakat Indonesia. Target kami juara dan pemain akan berjuang semaksimal mungkin," ucap legenda hidup klub Pupuk Kaltim tersebut.

Berstatus tuan rumah, kata dia, bukan merupakan beban, tetapi justru motivasi sehingga akan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membuktikan bahwa permainan Timnas U-16 sangat menarik dan berupaya merebut titel terbaik.

"Dari sisi teknis permainan dan mental sudah kami siapkan. Pemain juga telah beradaptasi dengan suasana di Sidoarjo. Sudah empat minggu ini kami berlatih di Sidoarjo," kata pelatih berusia 53 tahun tersebut.

Timnas U-16 Indonesia belum pernah menjuarai turnamen rutin tahunan ini, yang prestasi terbaiknya adalah "runner up" pada 2013 setelah di final kandas dari Malaysia melalui adu penalti dengan skor 2-3.

Sementara itu, beberapa pelatih dari tim negara lainnya juga berkomitmen untuk tampil sebaik-baiknya dan meraih hasil maksimal di kejuaraan AFF U-16.

Pelatih Timor Leste, Joao M. Da S. Araujo mengatakan negaranya antusias mengikuti turnamen ini dan berharap bisa memberikan penampilan terbaik dan hasil yang memuaskan.

"Bahkan, kami menantikan laga melawan Indonesia. Kalau saya menganggap, Indonesia melawan Timor Leste sama dengan 'el-clasico' di Liga Spanyol, yaitu Barcelona melawan Real Madrid," katanya dilansir Antara.

Begitu juga dengan pelatih Thailand Thongchai Rungreangleas yang berharap pemain-pemainnya tampil maksimal serta meraih hasil sesuai harapan.

Di sisi lain, seluruh pertandingan Timnas Indonesia U-16 dijadwalkan disiarkan langsung oleh Indosiar yang semuanya bermain pukul 19.00 WIB, yakni Minggu (29/7) menghadapi Filipina, Selasa (31/7) melawan Myanmar, Kamis (2/8) bertemu Vietnam, Sabtu (4/8) menjamu Timor Leste, dan Senin (6/8) versus Kamboja.

Jiko lolos babak penyisihan maka semifinal dihelat pada Kamis, 9 Agustus 2018 dan partai puncak atau final dilangsungkan pada Sabtu, 11 Agustus 2018 di Gelora Delta Sidoarjo.


Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
28-07-2018 17:54