Main Menu

Timnas Indonesia U-16 kalahkan Vietnam, 4-2

Arif Prasetyo
03-08-2018 00:02

Pesepak bola Indonesia U-16 Andre Oktaviansyah. (ANTARA/Zabur Karuru/FT02)

Sidoarjo, Gatra.com - Timnas sepakbola Indonesia U-16 bermain cemerlang saat melawan Vietnam dengan skor 4-2 di Piala AFF U-16. Dengan kemenangan ini Indonesia mengantongi sembilan poin dengan tiga kali menang dan berada di puncak klasmen Grup A.


Masih tersisa dua pertandingan, Indonesia akan menghadapi Timor Leste dan Kamboja.

Bertanding di Stadion Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (2/8) malam, Timnas Indonesia U-16 tertinggal lebih dahulu dari Vietnam. Menit ke-6 Indonesia kebobolan terlebih dahulu setelah Dinh Thanh Trung berhasil menjebol gawang Indonesia dengan memanfaatkan kemelut di depan Gawang. Skor 1-0 untuk Vietnam.

Tertinggal 1-0 Indonesia melakukan penyerangan ke jantung pertahanan Vietnam. Beberapa kali anak asuh Fachri Husaini mencoba menerobos lapisan belakang Vietnam. Namun hasilnya selalu nihil dan dapat dipatahkan.

Di menit ke-22 Indonesia mendapatkan kesempatan untuk mengejar ketertinggalan, tetapi si kulit bundar berhasil jatuh di pelukan Nguyen Duy Dung. Skor masih tetap 1-0 untuk Vietnam.

Fachri Husaini di menit ke-27 akhirnya mengambil keputusan untuk menarik ke luar Amanar dan digantikan oleh Supriadi untuk menggedor wilayah tengah.

Menit ke-29 Supriadi yang baru masuk membuktikan kepiawaiannya setelah berhasil melewati satu dua pemain belakang Vietnam akhirnya berhasil menjebol gawang Vietnam dan skor menjadi 1-1. Skor bertahan sampai dengan turun minum 40 menit babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Fachri Husaini menarik Yadi Mulyadi digantikan Amiruddin Bagus Kahfi dan memasukkan Fajar Fathur Rachman yang menggantikan Sutan Diego.

Menit ke-44 Kapten Timnas David Maulana dilanggar di dalam kotak penalti, dan wasit asal Laos Xaypaseth langsung menunjuk titik putih. Tendangan penalti di menit ke-45 dilakukan oleh Bagus Kahfi dan skor menjadi 1-2 untuk kemenangan Indonesia.

Permainan keras ditunjukkan kedua tim dan di menit ke-60 Bagas Kaffa memberikan umpan silang dan langsung ditendang Bagus Kahfi. Kedudukan 1-3 untuk Indonesia.

Insiden kartu merah terjadi pada menit ke-65 yang harus diterima Bagas Kaffa karena dianggap bermain tidak fair. Sementara pemain Vietnam Vo Nguyen Hoang juga mendapatkan kartu merah sebagai imbalan karena melakukan permainan kasar.

Di menit ke-72 Indonesia harus menerima hukuman penalti karena melanggar Ha Trung Haui. Tendangan yang dilakukan Dinh Thanh Trung dan skor menjadi 2-3.

Memasuki perpanjangan waktu di menit ke-80+3 Andre Oktaviansyah berhasil memungkasi kemenangan Indonesia setelah menjebol gawang Vietnam. Skor menjadi 2-4 untuk Indonesia hingga babak kedua berakhir.


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
03-08-2018 00:02