Main Menu

Chelsea Datangkan Kepa Rekor Transfer Termahal

Arif Prasetyo
09-08-2018 17:37

Kepa Arrizabalaga dari spanyol menjadi penjaga gawang termahal dalam sejarah. (REUTERS/Eloy Alonso/RT)

Artikel Terkait

London, Gatra.com – Kepa Arrizabalaga dari Spanyol menjadi penjaga gawang termahal dalam sejarah pada Rabu (8/8) waktu setempat setelah Chelsea mengkonfirmasi harga transfer € 80 juta (£ 71,6 juta, US $ 92 juta) dari Athletic Bilbao.

 

Kedatangan Kepa di Stamford Bridge terjadi tak lama setelah Chelsea setuju untuk menjual penjaga gawang internasional Belgia Thibaut Courtois ke Real Madrid dengan biaya sebesar € 35 juta.

Pemain berusia 23 tahun itu telah menandatangani kontrak tujuh tahun dengan raksasa Inggris.

"Ini adalah keputusan yang sangat penting bagi saya, untuk karier saya, dan juga untuk kehidupan pribadi saya," kata Kepa kepada situs web Chelsea, seperti dilansir AFP, Kamis (9/8) .

“Begitu banyak hal menarik saya ke klub, semua gelar yang dimenangkan klub, pemain lain, kota, Liga Premier Inggris. Ini merupakan akumulasi dan saya sangat senang Chelsea memutuskan untuk memercayai dan membawa saya masuk juga.”

Chelsea dipaksa untuk mencari pengganti Courtois menjelang batas waktu transfer Kamis untuk klub Liga Premier setelah dia gagal untuk melaporkan kembali ke pelatihan setelah penampilannya yang bagus di Piala Dunia pada Senin.

Courtois hanya memiliki satu tahun tersisa di kontraknya dan menjelaskan keinginannya untuk kembali ke Madrid, di mana ia menghabiskan tiga musim dengan dipinjamkan ke Atletico, untuk lebih dekat dengan kedua anaknya.

Kurangnya perencanaan maju Chelsea untuk musim baru telah banyak dikritik karena kepergian Antonio Conte sebagai manajer dan pengangkatan Maurizio Sarri sebagai penggantinya ditunda hingga hanya sebulan sebelum kampanye baru.

Hanya tujuh bulan yang lalu, klausul pembelian Kepa senilai 20 juta euro dan dialah yang tampaknya akan bergabung dengan Real Madrid pada bulan Januari.

Namun, setelah kepindahan itu gagal karena keinginan mantan bos Real Zinedine Zidane untuk tidak membuat perubahan di pertengahan musim, Kepa menandatangani kontrak tujuh tahun baru dengan tim Basque yang secara dramatis meningkatkan klausul pembebasannya dan menghabiskan biaya mahal bagi Chelsea.

"Kepa adalah bakat yang kami kagumi sejak lama dan kami sangat gembira dengan kedatangannya," kata direktur Chelsea, Marina Granovskaia.

“Dia telah menunjukkan kualitas dan konsistensi yang luar biasa dan akan menjadi bagian besar dari keberhasilan Chelsea di tahun-tahun mendatang.

Sebagai bagian dari kesepakatan membawa Courtois ke Madrid, gelandang Kroasia, Matteo Kovacic akan bergabung dengan Chelsea dalam kesepakatan pinjaman jangka panjang dari Real.

Hanya beberapa pekan setelah Liverpool memecahkan rekor transfer biaya untuk seorang penjaga gawang dalam kesepakatan senilai 72,5 juta euro untuk pemain internasional Brasil Alisson Becker, Kepa yang belum berpengalaman, 23 tahun, kini mewarisi gelar kiper termahal di dunia.

Sebelumnya pada Rabu, Bilbao menegaskan bahwa Kepa telah membayar klausul pembeliannya di markas liga di Madrid untuk membebaskannya dari kontraknya dengan Athletic.

Dia telah bermain 53 kali di La Liga untuk Bilbao selama dua musim terakhir, dan membuat debut internasionalnya dalam kemenangan 5-0 persahabatan atas Kosta Rika pada bulan November 2017.

Dia juga di skuad Spanyol untuk Piala Dunia di Rusia sebagai back-up ke David De Gea, tetapi belum membuat debut kompetitifnya untuk Spanyol atau bermain di Liga Champions.


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
09-08-2018 17:37