Main Menu

Indonesia Tantang Thailand di Final Piala AFF-U16

Arif Prasetyo
09-08-2018 21:28

Timnas sepak bola Indonesia U-16 (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/yus4)

Sidoarjo, Gatra.com - Timnas sepak bola U-16 Indonesia memastikan diri akan melawan Timnas U-16 Thailand di final setelah berhasil mengalahkan Timnas U-16 Malaysia dengan skor tipis 1-0 pada laga semifinal yang berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (9/8) malam.

 

Gol semata wayang itu berhasil diciptakan oleh Bagus Kahfi di menit ke-72 melalui tendangan penalti.

Sepeti dilansir Antara, sejak menit pertama Indonesia langsung tampil menyerang masuk ke jantung pertahanan Malaysia. Namun upaya yang dilakukan anak asuh Fachri Husaini masih bisa dipatahkan pemain belakang Malaysia.

Menit ke-29 kapten timnas David hampir mencetak gol melalui tendangan keras yang melenceng di atas mistar gawang Malaysia.

Memasuki menit 32 jual beli serangan ditunjukkan kedua tim. Hingga kesempatan Indonesia untuk menciptakan gol usai terjadi kemelut yang ada di depan gawang Malaysia. Tendangan yang dilakukan oleh Supriadi masih membentur tiang gawang.

Tambahan waktu dua menit babak pertama ternyata masih belum bisa dimanfaatkan kedua tim untuk menciptakan gol. Skor masih tetap sama 0-0 hingga babak pertama usai.

Babak kedua Fachri mengganti Fajar Fathur Rachman dengan Sutan Diego Zico untuk menambah kekuatan di lini depan.

Menit ke-49 Indonesia mendapatkan tendangan bebas setelah Andre dilanggar. Memanfaatkan tendangan bebas dilakukan oleh Bagus yang mendatar masih bisa diselamatkan kiper Malaysia Abdul Alim.

Menit 67 Andre Oktaviansyah ditarik ke luar oleh Fachri digantikan oleh Mesdari Lestaluhu untuk menambah kekuatan lini tengah.

Menit 70 Indonesia mendapatkan hadiah penalti setelah pemain nomor punggung sebelas Supriadi dilanggar kiper Malaysia di dalam kotak penalti. Di menit 72 eksekusi dilakukan oleh Bagus Kahfi denegan tendangan mendatar di bagian kiri penjaga gawang Malaysia. Sebenarnya kiper Malaysia mampu membaca arah bola, namun bola yang melaju kencang lebih dahulu masuk ke gawang dibandingkan jatuhnya tubuh kiper tersebut untuk menutup arah bola. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Menjelang akhir babak kedua, Indonesia lebih menurunkan tempo permainan dan banyak mengandalkan serangan balik.

Beberapa kali kesempatan menambah koleksi gol masih belum bisa dilakukan tim kebanggan Indonesia. Skor tetap 1-0 untuk kemenangan Indonesia hingga akhir pertandingan.


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
09-08-2018 21:28