Main Menu

Tahan Persija, PSMS Medan Masih Jadi Juru Kunci

Mukhlison Sri Widodo
13-08-2018 05:22

PSMS Medan vs Persija (GATRA/Arif Koes Hernawan/yus4)

Yogyakarta, Gatra.com - Tampil sebagai tamu, PSMS Medan mampu menahan skor 0:0 saat melawan Persija Jakarta dalam Liga 1 2018 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (12/8) sore.

 

Dengan susunan pemain terbaiknya, Persija yang tampil terakhir kali di Bantul terus menyerang pertahanan PSMS. 

Di menit kelima, Rohit Chad berhasil menyundul umpan Ismed Sofyan namun sundulannya melebar.

PSMS tidak tinggal diam. Melalui Rochmat Hidayat dan Shohei Matsunaga, dua peluang berhasil diciptakan pada menit ke-11 dan 14. Tapi semuanya digagalkan kiper Shahar Ginanjar.

Memasuki akhir babak pertama, Marko Simic menerima umpan tendangan bebas Ismed Sofyan, tapi tendangannya terlalu lemah sehingga berhasil diamankan kiper Abdul Rohim.

Merasa ada yang salah dengan strateginya, pelatih Persija Stefano Cugurra Rodrigues menginstruksikan anak-asuhnya bermain bola-bola panjang pada babak ke dua. 

Masuknya Osas Marvellos Ikpefua mendampingi Simic di lini depan mampu menekan pertahanan PSMS hingga permainan berlangsung setengah lapangan.

Tiga peluang emas melalui Orah dan Simic seharusnya menjadi gol, tapi berhasil digagalkan Rohim.

Bahkan pada akhir babak kedua, tepatnya di menit ke-94, Rohim melakukan penyelamatan akrobatik saat menepis sundulan Simic yang lepas dari pengawalan. Pertandingan pun berakhir tanpa gol.

“Anak-anak bermain buruk di babak pertama sehingga saya instruksikan memainkan bola panjang di babak kedua. Beberapa umpan seharusnya menjadi gol, tapi Rohim menjadi pemain terbaik di laga ini,” kata pelatih Persija Cugurra.

Cugurra mengaku kecewa dengan hasil ini dan ia bilang timnya layak dikritik 4.000-an suporter Persija yang hadir sore itu. 

Ia juga menyatakan terima kasih kepada semua pihak di Bantul yang telah menerima timnya bertanding. Usai libur Asian Games, Persija kembali bertanding di Stadion Patriot, Bekasi.

Cugurra berharap tampil dengan dukungan ribuan suporter di Stadion Patriot akan menambah semangat juang anak asuhnya sehingga mampu memberikan hasil terbaik.

Adapun pelatih PSMS Medan, Peter James Butler, memberi apresiasi kepada kerja keras timnya. Sebab timnya sempat dipandang sebelah mata karena belum meraih poin di putaran kedua. 

Namun, menurut dia, pertahanan yang ditunjukkan anak asuhnya mampu menghadirkan satu poin.

“Terutama pertahanan di 10 menit menjelang akhir babak kedua. Semua bersatu padu menjaga gawang agar tidak kebobolan. Kami berharap raihan satu poin ini, yang meningkatkan moral dan kepercayaan, menjadi pemacu raihan poin-poin di pertandingan selanjutnya,” katanya.

Hasil pertandingan pekan ke-20 ini menempatkan Persija di posisi keenam klasemen sementara Liga I 2018 dengan 30 poin. Sementara PSMS Medan menjadi juru kunci atau peringkat 18 dengan 19 poin.


Reporter : Arif Koes
Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
13-08-2018 05:22