Main Menu

Klopp Bela Ozil Soal Kritikan Berfoto Dengan Erdogan

Arif Prasetyo
24-08-2018 06:38

Manajer Liverpool Juergen Klopp (REUTERS/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Manajer Liverpool Juergen Klopp telah membela rekan senegaranya dari Jerman Mesut Ozil, mengatakan kritik yang diterima gelandang Arsenal untuk foto dengan Presiden Turki Tayyip Erdogan adalah karena "kesalahan informasi mutlak" dan "omong kosong".

 

Ozil juga mendapat kecaman karena penampilannya di Piala Dunia di Rusia, di mana sang juara bertahan tersingkir di babak penyisihan grup, ketika pemain berusia 29 tahun itu mengundurkan diri di sepak bola internasional bulan lalu karena "rasisme dan ketidakhormatan" karena akar Turkinya.

"Ini adalah contoh klasik dari kesalahan informasi absolut dan, tentu saja, omong kosong," kata Klopp kepada saluran televisi Jerman Sport1, seperti dikutip Reuters, Kamis (23/8).

“Dalam politik, hal-hal kecil selalu diledakkan dan hal-hal besar disingkirkan untuk melanjutkan. Biasanya, orang yang cerdas cenderung menahan diri karena tidak mudah mengatakan hal yang benar. Saya akan menghitung sendiri juga. Semua yang tidak tahu apa-apa dalam percakapan ini.”

Ozil dan rekan tim internasional Ilkay Gundogan, yang juga keturunan Turki berpose dengan Erdogan, menjadi sasaran cemoohan dari para penggemar Jerman dalam pertandingan pemanasan sebelum Piala Dunia.

“Saya tidak meragukan orang-orang ini, setidaknya tentang kesetiaan mereka kepada tanah air kami. Perbedaannya adalah bahwa mereka memiliki satu hal lagi (di dalam warisan mereka) ... itu indah,” kata Klopp, yang melatih Gundogan di Manchester City di bekas klub Borussia Dortmund.

"Keragaman budaya, kami semua berpikir itu keren di sekitar Piala Dunia 2006 yang diselenggarakan Jerman ... sekarang dua orang digoda oleh orang-orang yang secara politik cerdas untuk memiliki foto, dan kemudian memiliki relatif sedikit kesempatan untuk mengatakan apa yang mereka inginkan 100 persen."


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
24-08-2018 06:38