Main Menu

Gelandang Manc City Ilkay Gundogan Bela Ozil Soal Rasis

Arif Prasetyo
29-08-2018 06:42

Manchester City Ilkay Gundogan. ( Reuters / Carl Recine/RT)

Jerman, Gatra.com – Gelandang Manc City Ilkay Gundogan dengan gigih membela Mesut Ozil dan mendukung klaim rekan setimnya di Jerman itu bahwa dia adalah korban rasisme saat pertandingan Piala Dunia 2018 di Rusia.

 

Ozil mengumumkan pengunduran dirinya dari tim nasional di tengah kekalahan Jerman di Piala Dunia yang memalukan.

Playmaker Arsenal dan Gundogan telah memicu kontroversi di Jerman setelah keduanya keturunan Turki berpose dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, sebelum turnamen.

Ozil mengutip "rasisme dan ketidakhormatan" yang dia hadapi di Jerman atas keputusannya untuk mundur dari tim nasional dan menyatakan "Jerman ketika kita menang tetapi ... seorang imigran ketika kita kalah".

Sekarang Gundogan, gelandang Manchester City, telah membela keputusan Ozil tetapi menegaskan kembali tekadnya sendiri untuk terus bermain bersama Jerman.

Ditanya apakah Özil benar menyebut rasisme sebagai faktor alasan masa pensiunnya, Gündogan mengatakan kepada Westdeutsche Allgemeine Zeitung, surat kabar Jerman:

"Katakan padaku, bukankah itu adalah rasisme ketika seorang politikus Jerman menulis di Facebook, 'Tim nasional Jerman terdiri dari 25 orang Jerman dan dua ekor kambing?'

Gundogan mengacu pada pernyataan oleh Bernd Holzhauer, seorang anggota dewan SPD yang mengundurkan diri setelah menghina publik.

"Pernyataan seperti itu harus diberi label sebagai rasisme," tambah Gundogan, seperti dikutip The Telegraph, Selasa (28/8).

“Namun, itu tidak berarti bahwa semua orang di Jerman rasis. Benar-benar tidak. Hampir semua pengalaman dalam hidup saya di Jerman positif. Tetapi ada orang-orang yang telah menggunakan foto itu untuk agenda politik mereka. Dan dalam konteks ini, garis rasisme kadang-kadang terlintas.”

Gundogan mengatakan, reaksi terhadap foto itu mendorong dia untuk pergi ke psikolog setelah ia bersiul dan mencemooh berulang kali selama pertandingan persahabatan pemanasan Piala Dunia melawan Arab Saudi di Leverkusen, tak lama setelah foto itu muncul.


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
29-08-2018 06:42