Main Menu

Sentuhan Park Hang-seo di Sepakbola Vietnam

Arif Prasetyo
03-09-2018 15:51

Pelatih sepak bola Vietnam Hang Seo Park tertunduk lesu ketika timnya dikalahkan oleh tim sepak bola Uni Emirat Arab. (ANTARA/INASGOC/Dwi Prasetyo/RT)

Jakarta, Gatra.com – Ada yang menarik di cabang olahraga sepakbola Asian Games ke-18 di Jakarta-Palembang. Tim U-23 Vietnam mampu menembus babak semifinal sepakbola setelah mengalahkan Suriah 1-0.

 

Prestasi luar biasa bagi Vietnam ini patut dibanggakan karena berhasil menumbangkan tim kuat dari Timur Tengah maupun Asia lainnya. Bahkan negara serumpun ASEAN juga mudah dikalahkan.

Siapa di balik prestasi tim U-23 sepakbola Vietnam? Tak lain adalah Park Hang-seo, pelatih asal Korea Selatan. Ia memimpin timnya meraih kemenangan selama Asian Games di Indonesia, hingga mencapai babak semifinal.

"Kami mengambil langkah sukses lainnya hari ini," kata Park kepada wartawan setelah mengalahkan Suriah di Stadion Patriot Chandrabhaga di Bekasi.

"Saya bangga dengan para pemain. Ini adalah kehormatan untuk menjadi pelatih kepala mereka di sini."

Vietnam menang 1-0 dramatis atas Suriah, dengan tunggal gol Van Toan Nguyen di babak kedua dalam perpanjangan waktu.

Park telah dipuji sebagai pahlawan nasional di Vietnam, ketika ia memimpin tim untuk menyelesaikan runner-up di AFC U-23 Championships 2018 pada bulan Januari lalu.

Saat memimpin timnya ke hasil yang luar biasa, Park mengatakan, "Saya sudah mencoba mengajari mereka apa yang saya ketahui. Saya selalu mengatakan kepada mereka bahwa tim bukan tentang saya, tetapi tentang kami."

Park dikenal sebagai asisten pelatih saat Guus Hiddink melatih Korea Selatan hingga menempati urutan keempat di Piala Dunia 2002.

"Saya adalah asisten pada 2002, tetapi sekarang saya menjadi pelatih kepala tim. Kami selesai di semifinal pada 2002, tetapi sekarang saya akan melakukan yang terbaik untuk melangkah lebih jauh," kata Park.


Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
03-09-2018 15:51