Main Menu

Ini Pembagian Grup dan Aturan di Piala Eropa

Arif Prasetyo
04-09-2018 07:18

Undian grup piala Eropa (REUTERS/Eric Gaillard/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Pertarungan seru bakal terjadi di Munich antara dua pemenang Piala Dunia terakhir, Prancis dan Jerman, mengawali bergulirnya pertandingan pertama Piala Eropa (UEFA - Europa League), pada Kamis (6/9).

 

Turnamen Piala Eropa mengikutsertakan 55 tim nasional Eropa yang dibagi menjadi empat grup, mengambil promosi dan degradasi ke sepakbola internasional, juga menawarkan rute alternatif ke Kejuaraan Eropa 2020, tanpa mengganti kualifikasi sendiri.

Dilansir AFP Sport Selasa (4/9) memberi informasi tentang kompetisi Piala Eropa.
Ketika Jerman terakhir menjamu Prancis, dalam pertandingan persahabatan November lalu, jumlah kursi kosong di Cologne sangat mencolok dan memberi kesan bahwa selera untuk permainan seperti itu semakin memudar.

Sementara itu, negara-negara yang lebih kecil merasa sulit untuk mengatur permainan, jadi UEFA percaya mereka telah datang dengan solusi sempurna.

Mereka menggunakan koefisien sendiri untuk membagi 55 negara anggota menjadi empat liga, dengan 12 tim teratas di Liga A. Serta 12 berikutnya berada di League B, diikuti oleh 15 di League C dan 16 terbawah di League D.

Setiap kelompok berisi tiga atau empat tim, dengan semua tim saling bermain di kandang dan tndang antara bulan September dan November tahun ini.

Para pemenang dari empat grup di Liga A akan lolos ke final dari 5-9 Juni tahun depan. Semi-final, tempat ketiga play-off dan final semua akan dimainkan, dengan negara tuan rumah yang akan diputuskan pada bulan Desember antara tim finalis.

Jadi ada gelar dan piala untuk diperebutkan, tetapi juga promosi dan degradasi dengan Liga Eropa di masa depan.

Tim yang menyelesaikan bagian bawah masing-masing grup di Liga A, B dan C akan terdegradasi, dan digantikan oleh mereka yang berada di puncak grup di Liga B, C dan D.

Masih akan ada kualifikasi untuk 24 tim Euro 2020. Mereka akan berlangsung dari Maret hingga November, 2019, dengan hasil imbang yang akan diadakan bulan Desember mendatang.

Namun, itu tidak lagi menjadi satu-satunya sarana kualifikasi untuk kompetisi itu. Dua puluh tim akan lolos ke Euro 2020 dari babak kualifikasi, dengan dua teratas di masing-masing dari 10 grup maju. Empat tempat sisanya akan diputuskan pada Maret 2020, dalam play-off Liga Eropa.

Masing-masing dari empat liga (A, B, C dan D) akan mengadakan play-off yang akan berlangsung pada bulan Maret 2020 dan yang akan diperebutkan oleh masing-masing kelompok pemenang, dengan semi-final dan final yang dimainkan.

Undian Liga UEFA Nations

Liga A
Grup 1: Jerman, Prancis, Belanda
Grup 2: Belgia, Islandia, Swiss
Grup 3: Italia, Polandia, Portugal
Grup 4: Kroasia, Inggris, Spanyol

Liga B
Grup 1: Republik Ceko, Slovakia, Ukraina
Grup 2: Rusia, Swedia, Turki
Grup 3: Austria, Bosnia dan Herzegovina, Irlandia Utara
Grup 4: Denmark, Republik Irlandia, Wales

Liga C
Grup 1: Albania, Israel, Skotlandia
Grup 2: Estonia, Finlandia, Yunani, Hongaria
Grup 3: Bulgaria, Siprus, Norwegia, Slovenia
Grup 4: Lituania, Montenegro, Rumania, Serbia

Liga D
Grup 1: Andorra, Georgia, Kazakhstan, Latvia
Grup 2: Belarusia, Luksemburg, Moldova, San Marino
Grup 3: Azerbaijan, Kepulauan Faroe, Kosovo, Malta
Kelompok 4: Armenia, Makedonia, Gibraltar, Liechtenstein


Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
04-09-2018 07:18