Main Menu

Skuad Muda AS Hadapi Brasil di Pertandingan Persahabatan

Arif Prasetyo
07-09-2018 05:43

Neymar (REUTERS/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Penyerang Neymar memimpin tim Brasil dalam pertandingan persahabatan melawan Amerika Serikat ingin menguji diri melawan kekuatan dunia, Jumat (7/9).

 

Sang maestro berusia 26 tahun yang bermain di Paris Saint-Germain merupakan salah satu dari 13 pemain di daftar pemain Brasil yang bermain di Piala Dunia tahun ini. Pemain lain seperti Philippe Coutinho dari Barcelona dan Roberto Firmino dari Liverpool, Casemiro Real Madrid dan Willian Chelsea di lini tengah, penjaga gawang Liverpool Alisson dan pemain bertahan Thiago Silva dari Paris Saint-Germain dan Filipe Luis dari Atletico Madrid.

"Di panggung dunia, mereka adalah tim yang mendapat perhatian semua orang," kata pelatih AS Dave Sarachan, seperti dikutip AFP Sports, Kamis (6/9).

"Mereka memiliki kualitas di atas pemain muda AS dan kesempatan untuk memainkan tim dengan mereka tidak ternilai harganya, terlepas dari siapa yang mereka bawa. Dalam hal ini, mereka membawa kelompok yang kuat dan berpengalaman."

Amerika, yang gagal lolos ke Piala Dunia di Rusia memicu pergantian kepemimpinan dan handoff ke generasi muda baru berbakat. Negeri Paman Sam ini telah kehilangan 17 dari 18 pertemuan dengan Brasil, kemenangan tunggal mereka 1-0 datang di Piala Emas 1998.

Ini adalah pertemuan pertama antara tim sejak Neymar mengangkat lima kali juara Piala Dunia Brasil menjadi kemenangan 4-1 pada 2015 di Foxborough, Massachusetts.

Tim AS dengan usia rata-rata 23 tahun termasuk gelandang PSG Tim Weah, putra presiden Liberia berusia 18 tahun dan pensiunan striker George Weah, dan Julian Green, gelandang berusia 23 tahun yang mencetak gol dalam hasil imbang 1-1 di Prancis pada bulan Juni lalu.

"Tim Weah telah dimasukkan dalam daftar kami terutama karena ia datang dari pramusim yang sangat baik dengan tim utama PSG, telah mencatat banyak menit tim pertama dan sudah memiliki gol untuk namanya musim ini," kata Sarachan.

Amerika akan menjamu rival-rival Meksiko pada Selasa di Nashville, Tennessee, menghadapi Kolombia di Tampa, Florida, bulan depan dan mengakhiri kampanye 2018 mereka dengan laga persahabatan ke Inggris dan Italia pada November.


Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
07-09-2018 05:43