Main Menu

Jerman Belum Mendapatkan Pengganti Mesut Ozil di Liga Eropa UEFA

Arif Prasetyo
07-09-2018 22:13

Mesut Ozil (Shutterstock/FT02)

Munich, Gatra.com – Tim Nasional Jerman benar-benar kehilangan gelandang terbaiknya Mesut Ozil. Ia memang sudah menyatakan diri mengundurkan diri dari timnas Jerman setelah kasus rasis foto bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Piala Dunia Rusia 2018.


Tanpa gelandang Arsenal di lapangan, Jerman berusaha keras tetapi akhirnya gagal menembus pertahanan Prancis, dan bermain imbang 0-0 Kamis dinihari (6/9) di Liga Eropa UEFA.

Ozil yang berusia 29 merupakan gelandang serang yang dikenal bekerja keras, disalahkan saat sang juara bertahan di Piala Dunia Rusia kalah dari Meksiko dan Korea Selatan.

Ozil, yang mampu mencetak 23 gol dalam 92 penampilan untuk Jerman, mengatakan Jerman mestinya menang tetapi gara-gara seorang imigran jadi mengalami kekalahan.

Jerman mencari pengganti baru dalam kompetisi di UEFA, di mana Joachim Loew menginginkan lebih banyak fokus dalam pertahanan.

"Kami harus mendapatkan kembali keyakinan untuk membela tujuan kami sendiri," kata pelatih Jerman sebelum pertandingan melawan Prancis, seperti dikutip Associated Press, Jumat (7/9).

Loew menempatkan Joshua Kimmich dan Toni Kroos di lini tengah untuk memberikan perlindungan, sementara Leon Goretzka ditugaskan memberikan dorongan untuk maju.

Namun itu tidak berhasil. Goretzka yang tidak efektif dilepas dengan 25 menit waktu tersisa untuk Ilkay Gundogan, pemain lain dengan akar Turki yang berpose untuk foto dengan Erdogan dan menjadi sasaran pelecehan rasis.

Meskipun Jerman memaksa beberapa penyelamatan yang bagus dari Alphonse Areola dalam debutnya di Prancis, tim itu bergantung pada umpan silang dari sayap dan tidak memiliki ujung tombak yang sering disediakan Ozil.

Kroos, dihormati sebelum pertandingan sebagai pemain Jerman musim ini, memainkan permainan yang bagus, tetapi menjadi sasaran peluit dari pendukung tuan rumah ketika dia gagal memberi hadiah dari Timo Werner yang menjanjikan dengan bola di atas pertahanan Perancis. Sebaliknya, dia berbalik dan memainkan bola kembali.

Julian Brandt mewarisi jersey No 10 yang dipakai Ozil tetapi gelandang Bayer Leverkusen berusia 22 tahun itu tidak bermain melawan Prancis.

"Sangat mungkin bahwa satu atau beberapa pemain muda mendapat peluang dari awal," kata Loew setelah hasil imbang dengan Prancis.


Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
07-09-2018 22:13