Main Menu

Hadapi Mauritius, Timnas Indonesia Akan Terapkan Permainan Seperti di Asian Games

Iwan Sutiawan
11-09-2018 13:33

Para pesepak bola Timnas Indonesia, menjalani latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (ANTARA//Risky Andrianto/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Tim Nasional (Timnas) sepakbola Indonesia siap terapkan permainan seperti di Asian Games XVIII lalu untuk menghadapi Mauritius dalam laga uji coba internasional FIFA Match Day di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Selasa sore (11/9).

 

"Kami akan bermain dengan gaya yang tidak jauh saat Asian Games lalu. Kami akan bermain cepat dan menekan sejak menit pertama," kata Kurniawan Dwi Yulianto, Asisten Pelatih Timnas Indonesia dikutip dari laman PSSI.

Kurniawan mengambil alih kendali pada laga sore nanti karena pelatih Bima Sakti harus absen mendampingi tim di pinggir lapangan karena terkena suspend dari AFC saat Asian Games lalu. Selain itu, pelatih Luis Milla masih berada di Spanyol.

Mantan striker Timnas Indonedsia era 90'an ini mengharapkan para pemain bisa menerapkan permainan seperti di Asian Game kemarin karena sebagian besar pemain yang akan diturunkan juga sempat memperkuat timnas di ajang tersebut, ditambah pemain senior seperti Boaz Salossa, Bayu Pradana, Rizky Pora, dan lain-lain.

"Mudah-mudahan skema yang kami dapat berjalan dengan baik di pertandingan nanti dan bisa memenangkan pertandingan," katanya.

Kurniawan mengungkapkan, bahwa pasukannya dalam kondisi siap tempur meladeni Maurutius. Pihaknya juga sudah mempelajari permainan lawan dari video dari pertandingan terakhir tim Mauritius. "Kami rasa mereka tim yang bagus dan kita waspadai," katanya.


Bagi Indonesia, ini merupakan laga persiapan menghadapi Piala AFF 2018 yang akan berlangsung awal November mendatang. Indonesia berada di Grup B bersama Timor Leste, Filipina, dan juara bertahan Thailand.

Sementara itu, pemain belakang Timnas Indonesia, Fachrudin Aryanto bertekad bermain maksimal pada laga ini demi berjuang menembus seleksi skuat Garuda proyeksi Piala AFF 2018. Bek Madura United itu menilai laga uji coba ini menjadi ajang seleksi pemain jelang Piala AFF 2018.

"Alhamdulillah saya masih dipanggil. Saya pribadi mau yang terbaik, ini seleksi juga buat Piala AFF 2018. Jadi saya mau menampilkan yang terbaik. Saya lihatnya pertandingan ini untuk tahap seleksi. Saya fokus dulu di uji coba untuk tampil yang terbaik. Mungkin ke depan bisa dipercaya lagi," kata Fachrudin.

Pelatih Fransico Filho mengaku sangat senang sekali bisa berada di Indonesia. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia dan PSSI yang sudah menyambut timnya dengan baik.

"Sepak bola Indonesia saya sudah lihat, mereka punya sepak bola yang sangat baik, dan saya harapkan kita bisa mempertontonkan pertandingan yang baik pula," katanya.

Fransisco menyampaikan, sebelum melawan Indonesia, pihaknya melawan Singapura. Pada pertandingan itu Mauritius ditahan imbang 1-1 oleh Singapura. "Kita tidak bermain dengan baik karena jarak dari perjalanan ke Singapura sangat jauh dari negara kami," ungkapnya.

Fransisco juga mengaku telah menginstruksikan pasukannya untuk mewaspadai beberapa pemain Indonesia yakni Boaz Salossa, Febri Hariyadi, dan Stefano Lilipaly karena mereka mempunyai kecepatan dan skill yang bagus. "Namun kami bertekad untuk tidak kalah pada laga ini," katanya.

Pada laga yang dijadwalkan akan dimulai pada pukul 16.30 WIB tersebut, Timnas Indonesia akan menggunakan kostum baru. Kostum tersebut berwarna merah dengan logo Garuda di dada kiri dan terdapat logi Nike sebelah kanannya. Di bawah logo Nike juga terdapat nomor kostum masing-masing pemain.


Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
11-09-2018 13:33