Main Menu

Luka Modric Pemain Terbaik di Penghargaan FIFA 2018

Arif Prasetyo
25-09-2018 05:32

Luka Modric (Reuters/John Sibley/yus4)

 

 

London, Gatra.com - Luka Modric dinobatkan sebagai pemain pria terbaik dunia di Penghargaan Sepak Bola FIFA yang berlangsung di Royal Festival Hall di London. Gelandang Real Madrid, 33, ini mengalahkan mantan rekan setimnya Cristiano Ronaldo, yang sekarang memperkuat Juventus, dan Mohamed Salah di Liverpool.

 

Sepeti dilansir BBC Sports, Senin (24/9), Modric memenangkan gelar Liga Champions ketiganya berturut-turut pada Mei dan memandu Kroasia ke final Piala Dunia pertama pada Juli.

Marta dari Brasil dan Orlando Pride memenangkan penghargaan pemain wanita terbaik.
Pelatih terbaik jatuh pada Didier Deschamps dari Prancis, saat timnya mengalahkan Kroasia 4-2 di final Piala Dunia.

Sementara, Salah menerima penghargaan Puskas untuk gol terbaik, untuk usahanya melawan Everton di Liga Premier di Anfield Desember lalu.

Pendukung Peru memenangkan Fan Award FIFA setelah mereka beramai-ramai terbang ke Rusia untuk mendukung negaranya saat melawan Australia di Piala Dunia - bermain di putaran final untuk pertama kalinya sejak tahun 1982. Penghargaan ini dipilih sepenuhnya oleh pendukung.

Perbedaan antara Ballon d'Or dan Best FIFA?
Penghargaan FIFA ini merupakan edisi ketiga dari Best Fifa Football Awards, yang dibentuk setelah FIFA mengakhiri hubungannya dengan penghargaan Ballon d'Or.

Penganugerahan versi Ballon d'Or ini dilakukan oleh majalah France Football sejak tahun 1956, tetapi digabungkan dengan dengan FIFA World Footballer of the Year award dari 2010 hingga 2015.

Badan sepakbola dunia kemudian memperkenalkan Penghargaan Sepakbola FIFA Terbaik, dengan Ronaldo dari Portugal sebagai penerima pertama pada Januari 2017.

Voting untuk kategori pemain dan pelatih dilakukan oleh kapten dan manajer tim nasional, wartawan terpilih dan, untuk pertama kalinya, sebuah polling penggemar melalui online. Masing-masing menyumbang 25% dari total suara.


Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
25-09-2018 05:32