Main Menu

Timnya Tak Lolos Ke Piala Dunia, Wisatawan Negara Ini Justru Paling Banyak Pergi Ke Rusia

Hendri Firzani
13-06-2018 06:07

Ilustrasi.(Reuters/re1)

Jakarta, Gatra.com - Meski negaranya tak lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia, wisatawan Amerika Serikat justru yang paling banyak mengajukan visa berlibur ke Rusia saat piala Dunia. Perusahaan Travelport menyebutkan pemesanan tiket penerbangan dari Amerika Serikat melonjak hingga 66 % dari jumlah biasanya.


Secara keseluruhan, berdasarkan data Sistem Distribusi Global (GDS) pemesanan tiket penerbangan ke Rusia dari Amerika Serikat untuk perjalanan selama Piala Dunia dari 14 Juni hingga 15 Juli telah mencapai 136.503. Rata-rata naik 13.654 atau 66 persen.

Jerman menyumbang pertumbuhan terbesar dengan jumlah pemesanan mencapai 16.213. "Sangat menyenangkan melihat Piala Dunia mendorong orang-orang untuk traveling," kata CEO Travelport, Stephen Shurrock sebagaimana dikutip Reuters. "Pendukung Jerman jelas merasa optimis tim mereka dapat mempertahankan gelar juara sehingga terlihat jumlah penggemar (Jerman) tertinggi yang bepergian untuk menonton (Piala Dunia)."

Tingginya minat wisatawan AS ke Rusia juga didukung oleh data lain yang dirilis ForwardKey, minggu lalu. Perusahaan riset wisata berbasis di Valencia, Spanyol ini menyebutkan dari hasil analisanya terhadap 17 juta pemesanan tiket per hari yang terjadi di saat Piala Dunia nanti, pemesanan tiket penerbangan ke Rusia naik 50,5% dibandingkan tahun sebelumnya.

Data hasil analisis GDS dengan beberapa maskapai penerbangan dan agen wisata itu juga menyebutkan bahwa wisatawan Amerika Serikat menjadi pengunjung terbesar ke Rusia kala Piala Dunia 2018 berlangsung.

"Hasil ini mungkin tampak mengejutkan karena Amerika Serikat tidak lolos ke putaran final Piala Dunia, tetapi minat (terhadap sepakbola) tumbuh sangat besar sejak Piala Dunia 1994, ketika AS menjadi tuan rumah," kata ForwardKeys.

Peringkat kedua terbanyak wisatawan yang datang ke Rusia saat piala dunia nanti yaitu wisatawan asal Brasil. Menyusul di bawahnya, yaitu wisatawan Spanyol, Argentina, Korea Selatan, Mexico, China, Inggris, Jerman dan Mesir.


 

Editor: Hendri Firzani 

Hendri Firzani
13-06-2018 06:07