Main Menu

Strategi Tukar Baju Ala Korsel

Sandika Prihatnala
18-06-2018 13:14

Tim Korea Selatan menjalani latihan ( REUTERS/Carlos Barria/yus4)

Nizhny Novgorod, Gatra.com - Pelatih Korea Selatan Shin Tae-Yong terapkan strategi unik jelang laga melawan Swedia pada Senin (18/6) malam WIB. Ia membuat pemain bertukar pakaian guna membingungkan calon lawannya. Bukan yang pertama terjadi di piala dunia.


Shin meminta pemainnya mengenakan kaos dengan nomor yang berbeda dalam pertandingan persahabatan baru-baru ini untuk membingungkan lawan yang tidak bisa membedakan wajah pemain Korsel.
"Kami mengubah mereka karena kami tidak ingin menunjukkan lawan kami segalanya dan mencoba dan membingungkan mereka," kata Tae-yong dikutip dari BBC.

Tae-yong menambahkan, mungkin saja calon lawannya tahu beberapa pemain Korsel. Namun ia yakin sulit bagi orang barat membedakan wajah orang Asia.
Dari sekian banyak pemain, hanya pemain Totenham Hotspur Son Heung-min dan Kapten Ki Sung-yueng saja yang mengenakan jersey biasa mereka. Tae-yong mengungkap ini ketika belakangan diketahui staf pelatih Swedia Lars Jacobsson memata-matai aktifitas latihan tertutup tim Korsel.

Atas aksi stafnya itu, pelatih timnas Swedia Janne Andersson pun terpaksa meminta maaf.
“Sangat penting bagi kami menunjukkan rasa hormat kepada lawan. Apabila langkah yang dilakukan salah, kami minta maaf,”katanya dilansir dari The Guardian pada MInggu (17/6).

Jacobsson, menurutnya memata-matai Korsel dari jarak yang jauh. Namun, diketahui Jacobsson sampai harus menyewa satu rumah yang dekat dengan markas latihan Korsel untuk mengintip latihan calon lawannya itu. Meski begitu, Andersson tetap membela stafnya.

"Dia mendengar tentang sesi latihan, dia tidak mengerti bahwa itu adalah sesi tertutup, dia tidak mengerti dan dia menyaksikan dari kejauhan," kata Andersson.

Strategi mengubah penampilan dalam gelaran piala dunia sebenarnya bukan kali ini saja terjadi. Pada piala dunia 1974, timnas Belanda melakukan hal serupa. Bedanya, timnas yang ketika itu diisi memiliki kapten sekelas Johan Cruyff memiliki potongan rambut yang mirip.

Bagi yang tidak familiar, utamanya pemain-pemain nasional asal negara Asia dan Afrika, gaya rambut pemain timnas Belanda kala itu membingungkan. Semua Nampak serupa dengan potongan rambut panjang hampir sebahu dan berwarna coklat agak pirang.


Editor : Sandika Prihatnala

Sandika Prihatnala
18-06-2018 13:14