Main Menu

Swedia Menang atas Korea Selatan

Sandika Prihatnala
18-06-2018 22:26

Pemain Swedia Andreas Granqvist mencetak gol pertama mereka dari penalti. ( REUTERS/Lucy Nicholson/RT)

Nizhny Novgorod, Gatra.com - Kemenangan penting diraih Swedia atas Korea Selatan (Korsel) dalam laga Grup F Piala Dunia 2018. Penalti yang dicetak Andreas Granqvist menjadi pembeda. Penalti didapat melalui pertimbangan teknologi Video Assistant Referee (VAR).

 

Pada 10 menit pertama, Korsel sempat menekan Swedia. Ancaman pertama datang ketika Son Heung-min mengirim umpan ke jantung pertahanan Swedia melalui tendangan bebas. Sayang, bola berhasil dibuang ke pinggir lapangan.

Di menit ke-18, peluang datang dari Swedia.Granqvist tinggal menghadapi kiper Korsel dan berpeluang menendang bola dari jarak dekat. Namun, bola berhasil disapu Kim Young-gwon melalui tekel akurat. Hingga babak pertama berakhir, Korsel lebih sering mendapat tekanan.

Lini pertahanan Korsel dipaksa berjuang keras menghadapi gempuran penyerang lawan. Korsel hanya mampu sesekali melakukan serangan balik melalui umpan - umpan panjang. Namun, upaya itu seringkali gagal. Tak ada peluang bersih yang tercipta. Setelahnya, Swedia lebih banyak mendominasi penguasaan bola. Meski begitu, hingga babak pertama berakhir tak ada gol yang dihasilkan.

Memasuki awal babak kedua, Swedia masih mendominasi permainan. Meski begitu, Korsel sempat membuat tim lawan was-was ketika Kim Min-woo melepas umpan yang mengarah ke Koo Ja-cheol. Bola pun disundul, nyaris masuk ke gawang jika tidak melebar. Penyelamatan gemilang Cho Hyun-woo terlihat pada menit ke - 57 ketika berhasil menepis bola jarak dekat yang disundul Berg.

Kebuntuan pun pecah ketik Swedia mendapat hadiah penalty dari wasit Joel Aguilar. Wasit menilai Kim Min-woo melanggar Viktor Claesson berdasarkan hasil Video Assistant Referee (VAR). Sang kapten, Ganqvist maju sebagai algojo dan berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Tertinggal 1-0 membuat Korsel meningkatkan intensitas serangan. Pemain 20 tahun jebolan tim junior Barcelona, Lee Seung-woo bahkan ia masukkan di 10 menit akhir pertandingan. Meski begitu, Korsel tetap kesulitan menciptakan peluang. Tim berjuluk Taeguk Warriors pun gagal menciptakan gol balasan dan harus mengakui keunggulan Swedia 1-0.

Dengan hasil ini, Swedia meraih poin 3, sama dengan capaian Meksiko yang menang atas Jerman. Di laga selanjutnya, Swedia akan berhadapan dengan Jerman, sementara Korsel bakal menghadapi Meksiko.


Editor : Sandika Prihatnala

Sandika Prihatnala
18-06-2018 22:26