Main Menu

Lolos 16 Besar, Rusia Bungkam Mesir 3-1

Anthony Djafar
20-06-2018 06:27

Pemain Russia merayakan usai mencetak gol ( REUTERS/Fabrizio Bensch/yus4)

Saint-Petersburg, Gatra.com – Rusia memastikan diri menjadi timnas pertama yang lolos ke babak 16 besar setelah berhasil mengalahkan timnas Mesir dengan skor 3-1 pada laga kedua Grup A Piala Dunia 2018, di Stadion Saint Petersburg, Selasa (19/6) malam waktu setempat.


Kemenangan Rusia kali ini menambah 6 poin setelah sebelumnya menundukkan Arab Saudi pada pertandingan perdana dengan skor 5-0. Rusia memimpin klasemen Grup A.

Pada babak pertama, kedua tim hanya saling menekan, namun tidak satupun gol tercipta.

Memasuki babak kedua, Rusia memetik kemenangan melalui gol bunuh diri Ahmed Fathi di menit ke-47. Tidak kuatnya pertahanan lini tengah Mesir, membuat Fathi kewalahan menjaga striker Rusia. Bola yang seharusnya dibuang, justru berbelok ke gawangnya sendiri. Gol bunuh diri pun tercipta. Rusia unggul 1-0.

Hanya berselang beberapa menit, dua gol kembali membobol gawang timnas Mesir. Serangan balik secara cepat oleh Denis Cheryshev, setelah menerima umpan tarik dari dari bek kanan Rusia, Mario Fernandez di menit ke-59, membuat gawang El Shenawi kembali kebobolan.

Kemudian pada menit ke 62, Artem Dzyuba memanfaatkan umpan langsung Ilya Kutepov dari lini pertahanan Rusia, sehingga dengan mudahnya Dzyuba melesakkan tembakan ke gawang El Shenawi. Rusia menang telak 3-0.

Satu-satunya gol penghibur bagi Mesir diciptakan Mohamed Salah, berkat tendangan penalti pada menit ke-73. Mo Salah terjatuh oleh pemain belakang Rusia. Terjadi debat karena di wilayah kotak finalti. Pemeriksaan teknologi Video Assistant Referee (VAR), Salah jatuh di kotak terlarang.

Wasit Caceres Enrique pun memberi hadiah melalui eksekusi langsung oleh Salah. Bola dilesakkan ke sudut kiri atas sehingga membobol gawang Igor Akinfeev. Salah sujud syukur. Itulah gol pertama sekaligus yang terakhir dipersembahkan gelandang Liverpool ini pada Piala Dunia 2018.

Meski ada tambahan waktu 4 menit, skuat asuhan Hector Cuper harus puas menerima kekalahan atas Rusia.

“Kami memiliki babak pertama yang bagus kemudian kami memiliki 10-15 menit yang sangat buruk dan itulah mengapa kami kalah,” kata Cuper, usai pertandingan.

Soal masa depannya apakah kembali melatih Mesir, Cuper menunggu hingga selesainya Piala Dunia.

“Apakah saya harus tetap atau tidak. Itu bergantung pada saya dan kami masih memiliki pertandingan lain. Dalam Piala Dunia, Anda harus menunggu hingga menit terakhir meskipun peluang kami hanya sedikit,” katanya dikutip reuters.

Turnamen ini sekaligus “sayonara” bagi timnas Mesir untuk bersiap-siap angkat koper dari Piala Dunia 2018, sekalipun masih melakoni pertandingan "hiburan" satu kali melawan Arab Saudi, pada Senin mendatang.

Editor: Anthony Djafar

Anthony Djafar
20-06-2018 06:27