Main Menu

Aksi Suporter Jepang Pungut Sampah Tuai Pujian

Sandika Prihatnala
20-06-2018 17:38

Aksi suporter Jepang punguti sampah di stadion.(Dok. Twitter/re1)

Saransk, Gatra.com - Sudah menjadi kebiasaan umum jika menonton sepakbola di stadion, penonton kerap membawa makanan. Sayang, seusai pertandingan sampah makanan seringkali tidak ikut dibawa pulang. Namun, aksi supporter Jepang yang memungut sampah seusai menonton laga tim kesayangan layak diacungi jempol.

 

Pendukung tim berjuluk Samurai Biru yang memungut sampah tetiba viral di media sosial. Dalam tayangan video yang beredar, mereka terlihat bahu membahu memunguti sampah seusai laga di Stadion Mordovia Arena di Saransk, Rusia, berakhir. Hanya bermodal kantong sampah, ragam kemasan makanan dan minuman pun dikumpulkan.

Aksi spontan supporter ini , seperti dikutip dari The Sun, merupakan cara merayakan kemenangan perdana tim kesayangan mereka. Sekaligus, bukti bahwa Jepang memiliki supporter terbaik di dunia.

Aksi mereka kemudian menginspirasi supporter tim Senegal untuk melakukan hal serupa saat merayakan kemenangan 2-1 atas Polandia di Otkritie Arena. Perilaku pendukung timnas Jepang ini bukan pertama kalinya terjadi. Menurut catatan Scott McIntyre seperti dikutip dari BBC, membuang sampah memang sudah menjadi budaya keseharian Jepang. Tidak hanya saat menonton sepakbola saja.

“Ini bukan bagian dari budaya sepak bola, tapi bagian dari budaya Jepang,” kata jurnalis sepakbola yang berbasis di Jepang itu. Ia, mengaku tidak kaget dengan aksi supporter Jepang itu.

“Anda kerap mendengar orang berkata bahwa sepak bola adalah cerminan budaya. Aspek terpenting dalam masyarakat Jepang adalah memastikan segala sesuatunya benar-benar bersih dan itulah yang terjadi dalam acara olahraga, termasuk sepak bola,” tambahnya.


Editor : Sandika Prihatnala

Sandika Prihatnala
20-06-2018 17:38