Main Menu

Pelecehan Seksual Merebak terhadap jurnalis perempuan, #LetHerWork Jadi Trending

Hendri Firzani
28-06-2018 23:01

Pelecehan jurnalis perempuan di gelaran Piala Dunia Rusia 2018. (REUTERS/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Piala dunia di Rusia seharusnya membawa kegembiraan bagi para pecinta sepak bola dunia. Tapi, tidak bagi tiga jurnalis perempuan ini. Mereka malah mendapat perlakuan tidak menyenangkan berupa pelecehan seksual.

Jurnalis Julia Guimaraes menceritakan kekesalannya atas tindakan fans sepakbola yang berusaha menciumnya saat jurnalis asal Brasil itu  sedang memberikan laporan berita secara langsung untuk stasiun televisi TV Globo dan Sport TV. Dalam rekaman yang beredar di dunia maya, Guimaraes didatangi seorang fans sepakbola yang kemudian berusaha hendak menciumnya.

 

Guimaraes cepat menghindar dan kemudian memarahi pria tersebut. “Jangan lakukan hal ini, Jangan pernah lagi,” ujar Guimaraes . “Saya tak mengijinkan kamu melakukan itu, tidak sopan, dan tidak benar. Jangan pernah melakukannya pada perempuan, ok, Hormati.” Pria itu sendiri kemudian terdengar meminta maaf kepada Guimaraes.

Sebelumnya jurnalis perempuan asal Kolombia Julieth Gonzalez Theran juga mengalami pelecehan seksual  saat melaporkan langsung situasi di luar stadion saat pembukaan Piala Dunia. Theran yang memberikan laporan kepada stasiun televisi Deutsche Welle, tiba-tiba dirangkul  seorang fans sepakbola Rusia. Bahkan, laki-laki yang belakangan mengaku bernama Ruslan itu, terlihat  meremas dada Theran dan mencium pipi Theran.

Usai kejadian tersebut, Theran meneruskan laporannya seolah tak terjadi apa-apa. Namun sebagaimana dikutip Today Online, Theran kemudian memposting video pelecehan tersebut diinstagramnya dan menulis, “Kami tak pantas diperlakukan seperti ini. Saya membagi kebahagiaan sepakbola, namun kita harus memastikan batasan dari sebuah tindakan dan pelecehan.”

Belakangan, Ruslan  mendatangi studio DW di Moscow, dan mengakui kesalahanya serta meminta maaf kepada Theran.

Permintaan maaf Ruslan itu sendiri dilakukan sehari setelah seorang lagi jurnalis perempuan mengalami pelecehan. Jurnalis yang merupakan koresponden televisi Swedia Malin Wahlberg dilecehkan oleh sejumlah pria fans Swedia. Wahlberg yang sedang mewawancarai seorang fans Swedia sambil berjalan, dipegangi kepalanya oleh seornag fans swedia lainnya. Bahkan, satu fans lainnya juga berusaha menciumnya.

Video rekaman itu menyebar dan memunculkan keprihatinan dari kalangan jurnalis dan masyarakat umum di dunia. Mereka membuat kampanye anti pelecehan dengan hash tag “let Her work’ dan #metoo yang merupakan kampanye anti pelecehan seksual yang muncul di AS beberapa waktu lalu. hampir semua pihak mengecam tindakan para fans sepak bola tersebut dna berharap tidak akan ada lagi kejadian tersebut. 


Editor: Hendri Firzani

Hendri Firzani
28-06-2018 23:01