Main Menu

Kalahkan Jepang, Belgia Tantang Brasil di Perempat Final

Arif Prasetyo
03-07-2018 03:46

Nacer Chadli mencetak gol pamungkas ke gawang Jepang. (REUTERS/Murad Sezer/FT02)

Rostov, Gatra.com – Penampilan luar biasa timnas Jepang  menghadapi Belgia di babak ke-16 besar Piala Dunia 2018 berakhir menyedihkan. Unggul lewat dua gol pertama di babak kedua, Jepang akhirnya takluk dengan skor 2-3 dari Belgia.  Dengan kemenangan ini Belgia maju ke perempat final dan  akan berhadapan dengan Brasil pada Jumat mendatang.


Seperti dilansir BBC, meski Belgia menang tapi tim yang  bertabur pemain bintang yang banyak merumput di Liga Primer Inggris ini - generasi emas mereka - tampil mengecewakan di babak awal.

Bertanding Rostov-on-Don, Senin (2/7), Belgia berinisiatif menyerang ke pertahanan Jepang. Tim asuhan Roberto Martinez ini mengurung pertahanan Jepang dengan memborbardir tembakan, namun dapat diredam penjaga gawang Jepang. Tim Pedang Samurai ini hanya mengandalkan serangan balik yang cukup berbahaya.

Setelah keluar dari ruang ganti di menuju ke babak kedua permainan Jepang sangat mengesankan. Gol pertama pemain Jepang Genki Haraguchi berasal dari serangan balik  pada menit ke-48. Saat umpan panjang Gaku Shibasaki kepada Haraguchi yang berlari menggiring bola dan gagal dipotong Jan Vertonghen menghasilkan gol pertama.

Gol Kedua Jepang terjadi setelah Kagawa berhasil mendapatkan bola dan kemudian mengopernya kepada Takashi Inui yang kemudian mengubahnya menjadi gol lewat sepakan keras ke sudut kanan gawang Belgia yang dijaga kiper Thiber Courtois.   

Tertinggal 2-0 pelatih Martinez mengganti dua pemain Marouane Fellaini dan Nacer Chadli di menit ke-65. Pergantian ini membawa pengaruh dengan terciptanya gol balasan Belgia oleh Vertonghen di menit ke-69 dengan contekan kaki dari samping gawang.

Belgia menyerang dengan memanfaatkan bola atas dan Fellaini mencetak gol penyeimbang sebelum Chadli menyarangkan gol kemenangan pada menit ke-94.

Pencetak gol

Belgia
• Vertonghen (69' minutes),
• Fellaini (74' minutes),
• Chadli (90'+4 minutes)

FTHT 0-0
Jepang
• Haraguchi (48' minutes),
• Inui (52' minutes)


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
03-07-2018 03:46