Main Menu

Depak Rusia, Kroasia Tantang Inggris di Semifinal Piala Dunia 2018

Arif Prasetyo
08-07-2018 04:33

Ivan Rakitic menjadi pahlawan bagi Kroasia setelah mencetak gol terakhir dalam drama adu penalti di babak perempat final Piala Dunia 2018 Rusia. (REUTERS/Kai Pfaffenbach/RT)

Sochi, Gatra.com – Ivan Rakitic menjadi pahlawan bagi Kroasia setelah mencetak gol terakhir dalam drama adu penalti di babak perempat final Piala Dunia 2018 Rusia dengan skor 4-3. Kroasia pantas menjadi pemenang setelah sempat unggul 2-1 sebelum pemain Rusia menyamakan kedudukan 2-2. Rakitic membawa negaranya ke babak semifinal untuk pertama kalinya sejak 1998.

 

Setelah perpanjangan waktu berakhir tanpa ada perubahan dengan level skor 2-2. Dalam drama adu penalti, penjaga gawang Danijel Subasic menjadi pahlawan bagi Kroasia. Ia berhasil menepis tendangan Fedor Smolov, sedangkan tendangan Mario Fernandes meleset melebar keluar gawang.

Bertanding di Sochi Stadium, Sabtu (7/7) Rusia bermain lepas tanpa beban sehingga berani melakukan penyerangan, apalagi mendapat dukungan dari pendukungnya sendiri. Berbeda dengan pertandingan sebelumnya yang hanya bertahan kemudian melakukan serangan balik. Rusia, meski mengalami kekalahan, malam ini tampil berbeda dan percaya diri.

Seperti dilansir BBC, dalam pertandingan dramatis, Rusia telah memimpin melalui penyelesaian luar biasa Denis Cheryshev, pemain Villarreal memulai langkah sebelum menyelesaikan dari luar daerah setelah umpan Artem Dzyuba. Rusia unggul lebih dulu 1-0.

Sementara, Kroasia yang di atas kertas menang lawan Rusia bermain sangat hati-hati. Mantan striker Leicester City Andrej Kramaric menyamakan kedudukan setelah Mario Mandzukic telah diberikan terlalu banyak ruang untuk menyerang. Kedudukan menjadi sama kuat 1-1.

Menyamakan kedudukan Kroasia menambah daya gedor ke pertahanan Rusia. Kroasia berpikir mereka telah memenangkannya ketika Domagoj Vida mencetak gol dari sudut di menit ke-100, namun pemain Rusia Fernandes berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 untuk memaksa adu penalti dengan gol sundal yang dramatis.

Kemenangan ini membawa Kroasia berhadapan dengan Inggris di semifinal pada Rabu pekan depan di Stadion Luzhniki, Moskow.

Pencetak gol

Rusia
• Cheryshev (31' minutes),
• Figueira Fernandes (115' minutes)

AETHT 1-1FT 1-1

Kroasia
• Kramaric (39' minutes),
• Vida (100' minutes)

Croatia win 4-3 on penalties


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
08-07-2018 04:33