Main Menu

Generasi Emas Belgia Tumpul di Semifinal Piala Dunia 2018

Arif Prasetyo
11-07-2018 04:31

Belgia vs Perancis (REUTERS/Dylan Martinez/yus4)

St Petersburg, Gatra.com – Belgia merupakan salah satu tim favorit yang diunggulkan untuk menjuarai Piala Dunia 2018 Rusia setelah Brasil. Namun berbeda di lapangan, Belgia malam ini boleh dibilang antiklimak melawan Prancis.

Seperti dilansir BBC, Selasa (10/7), sebelum maju ke semifinal Belgia menundukkan juara dunia lima kali, Brasil. Permainanya sangat memukau dan bermain cepat. Boleh dibilang kemenangan melawan Brasil terbukti menjadi puncak mereka, sehingga begitu berhadapan dengan Prancis kembali tumpul.

Sebelumnya ada optimisme bahwa 'generasi emas' Belgia yang pemainnya seperti kapten Eden Hazard, Kevin de Bruyne dan Romelu Lukaku digadang-gadang bakal tampil ganas. Tapi serangannya bisa diredam pemain belakang Prancis, apalagi ditunjang dengan penampilan kiper Huge Lloris yang bermain cemerlang.

Setan Merah kalah di perempat final dari kedua Piala Dunia sebelumnya dan Kejuaraan Eropa serta penampilan semifinal Piala Dunia kedua mereka berakhir dengan kekalahan, seperti pada tahun 1986 melawan Argentina yang terinspirasi Diego Maradona.

Sepuluh dari 11 pemain Belgia bermain di Premier League dan salah satunya - striker Lukaku dari Manchester United, yang sangat bagus melawan Brasil, dibungkam oleh pasangan bek tengah Umtiti dan Raphael Varane. Lukaku hanya memiliki 22 sentuhan pada bola di seluruh pertandingan.

De Bruyne dari Manchester City tidak mampu mendikte permainan dan meskipun kapten Hazard mulai cerah, dengan tembakan rendah yang melebar dan yang lain melenceng, dia juga terlempar keluar dari permainan.

Satu-satunya hiburan bagi Belgia adalah bahwa mereka masih memiliki satu pertandingan tersisa untuk dimainkan di turnamen ini - play-off tempat ketiga/keempat Sabtu melawan tim yang kalah dari pertandingan Inggris vs Kroasia.


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
11-07-2018 04:31