Main Menu

Ini Ucapan Presiden Emmanuel Macron di Ruang Ganti Pemain Prancis

Arif Prasetyo
11-07-2018 05:32

Presiden Perancis Emmanuel Macron (REUTERS/Charles Platiau/yus4)

St Petersburg, Gatra.com - Gelombang euforia menyapu Prancis pada Selasa malam setelah mengalahkan Belgia 1-0 untuk maju ke babak final Piala Dunia 2018. Para pendukung sambil membawa bendera Prancis tumpah ke bulevar Paris dengan membunyikan klakson mobil bergema di ibu kota Prancis.


Di zona penggemar di luar City Hall di tepi Sungai Seine, para pendukung gembira memeluk dan menyalakan asap.

"Saya benar-benar terpesona, ini gila," kata Gilles Rove, 41 tahun, di lingkungan Belleville Paris seperti dikutip Reuters, Rabu (11/7).

“Tidak ada yang percaya ini bisa terjadi di awal Piala Dunia, tetapi tim ini benar-benar telah menunjukkan sesuatu dalam beberapa pekan terakhir.

"Tim ini memberi saya merinding, bahkan lebih dari tim tahun 1998," tambahnya, mengacu pada terakhir kali Perancis memenangkan Piala Dunia, di kandang sendiri melawan Brasil 20 tahun lalu.

Puluhan ribu penggemar mengalir ke Champs Elysees pergi ke bar, kafe dan restoran menikmati biliar malam pesta pora setelah pertandingan Piala Dunia.

“Kita akan menuju final, kita akan menuju final,” skor dilantunkan di salah satu bar utama Paris sebelum pecah menjadi lagu dadakan dari lagu kebangsaan La Marseillaise.

Beberapa penggemar Prancis sudah menantikan kemungkinan bentrokan final melawan saingan lama Inggris, yang akan melawan Kroasia di semifinal kedua pada Rabu.

“Sepupu Belgia kami yang malang tidak cukup baik. Tapi itu Eropa yang menang, dan itu akan lucu jika kita mengalahkan Inggris, ”kata Francois Garnier 45 tahun yang menyaksikan pertandingan di dekat Menara Eiffel.

Di St Petersburg, penggemar Prancis sambil bernyanyi menuju jalan pintu keluar stadion, menikmati prospek final melawan Inggris atau Kroasia.

Fans Belgia dengan tenang keluar dari arena, tetapi tetap bangga dengan kekalahan setelah penampilan semifinal pertama mereka sejak 1986.

“Hari ini kami sedikit kurang beruntung, tetapi bisa jadi kedua tim (yang bisa menang) jadi kami bermain bagus. Saya senang datang ke sini dan sekarang kami akan pergi untuk tempat ketiga,” kata penggemar Belgia Patrick Robert Wouters.

Prancis menang di depan Presiden Emmanuel Macron, yang turun ke ruang ganti pemain setelah pertandingan.

Ditanya apa yang dikatakan Macron kepada para pemain, Les Bleus muda Kylian Mbappe mengatakan kepada TF1, "Dia mengatakan akan kembali untuk final, untuk melihat kami dengan piala."


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
11-07-2018 05:32