Main Menu

Gol Mandzukic Bawa Kroasia ke Final Piala Dunia 2018

Arif Prasetyo
12-07-2018 04:43

Mario Mandzukic mencetak gol ke gawang Inggris. (REUTERS/Darren Staples/FT02)

Moskow, Gatra.com – Gol Mario Mandzukic di babak tambahan membawa Kroasia tiket ke final Piala Dunia 2018 dengan skor 2-1. Kemenangan Kroasia mencapai final Piala Dunia ini yang pertama dan akan menghadapi Prancis.


Bagi Timnas Inggris, tampil di semifinal pertama mereka sejak 1990, dan tampil di final pertama mereka sejak 1966. Bertanding di Luzhniki Stadium, Moskow, Rabu (11/7) Inggris memimpin melalui tendangan bebas Kieran Trippier di menit ke-5 babak pertama.

Dengan ketertinggalan ini Kroasia melakukan serangan namun gagal sampai peluit babak pertama dibunyikan. Pada babak kedua Kroasia baru bisa membalas dari kaki Ivan Perisic di menit ke 68, untuk menyamakan kedudukan.

Kedudukan imbang 1-1, Inggris balik melakukan serangan untuk memenangi pertandingan, tapi dewi fortuna belum memihak. Harry Kane hampir menambahkan angka keunggulan tetapi kiper Kroasia Danijel Subasic berhasil menyelamatkan gawangnya. Begitu juga Jesse Lingard tembakannya masih melebar dari posisi yang bagus. Babak kedua berakhir kedudukan masih imbang 1-1 dan perpanjangan waktu

Dalam waktu tambahan John Stones menyundul memanfaatkan bola atas namun gagal, sementara kiper Inggris Pickford membuat penyelamatan brilian dari upaya jarak dekat Mandzukic.

Perisic seharusnya menambah gol tiga menit kemudian bagi Kroasia saat pemain belakang Inggris lolos namun gagal dimanfaatkan kesempatan menembak.

Permainan berbeda sejak Kroasia menyamakan kedudukan, serangan-serangannya dengan operan pendek begitu cepat dan Inggris kehilangan bentuk dan ketenangan, meskipun Kane melewatkan kesempatan untuk memenangkannya di menit akhir dari tendangan bebas yang melebar.

Pencetak gol

Kroasia
• Perisic (68' minutes),
• Mandzukic (109' minutes)

AETHT 0-1FT 1-1

Inggris
• Trippier (5' minutes)


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
12-07-2018 04:43