Main Menu

Habisi Mimpi Kroasia, Prancis Juara Dunia 2018

Hendri Firzani
16-07-2018 00:50

Perancis juara Piala Dunia 2018. (REUTERS/Christian Hartmann/FT02)

Moscow, Gatra.com - Tim ayam jantan Prancis akhirnya berhasil menjadi juara dunia untuk ke dua kalinya sejak keikutsertaanya pada 1930. Tim yang diasuh Didier Deschamp ini sukses mengandaskan impian Kroasia menjadi juara dunia, di partai final yang berlangsung di stadion Luzhniki, Moscow, Rusia dengan skor telak 4-2.

 

Diguyur hujan deras paska pertandingan, pesta kemenangan Prancis langsung disaksikan Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Rusia Vladimir Putin, serta Presiden Kroasia Kolinda Grabar Kitarovic. Kegembiraan begitu terasa di kubu Prancis.

Seusai diserahkan presiden FIFA Gianni Infantino kepada kapten tim Prancis Hugo Lioris, trophy Piala Dunia langsung menjadi barang rebutan tim Prnacis.  Pemain pengganti Prancis Benjamin Mendy bahkan membawa piala tersebut sambil sliding di atas rumput yang licin akibat hujan dan diikuti rekan-rekan setimnya. 

Sukses Prancis sendiri diawali dari kesalahan pemain belakang Kroasia Mario Mandzukic yang salah mengantisipasi tendangan bebas Prancis. Bola yang coba ditepisnya dengan kepala justru masuk ke gawang timnya sendiri. 1-0 bagi Prancis.

Namun, Prancis tak sempat bergembira lebih lama. Kroasia yang tampil lebih menekan, terus berusaha untuk membongkar pertahanan dari Prancis. Kesempatan berhasil diraih Ivan Peresic yang mampu menyelesaikan operan bola jauh dari sisi kiri dengan tendangan keras ke gawang Prancis dan menjadikan skor 1-1.

Prancis kemudian unggul 2-1 setelah wasit menunjuk titik penalty setelah pemain Kroasia terlihat menyentuh bola sebelum bola bergulir ke gawang Kroasia. Tendangan Griezman mampu mengecoh kiper Kroasia  Danijel Subasic. Skor tersebut bertahan hingga peluit babak pertama dibunyikan.

Di babak kedua, Prancis mulai tampak balik menekan. Sebelumnya, Paul Pogba berhasil membuat Prancis membuka asa untuk meraih gelar juara Piala Dunia 2018. Golnya membuat papan skor kembali berubah menjadi 3-1 untuk keunggulan Prancis pada menit 59.

Bahkan, Prancis memperbesar skor menjadi 4-1  setelah Kylian Mbappe mencetak gol di menit ke-65.  Diawali serangan balik yang diinisiasi Lucas Hernandez, Mbappe menyelesaikan dengan tendangan jarak jauh. Sepakan kaki kanan pemain PSG berusia 19 tahun kembali mampu mengecoh Subasic.

Mbappe menjadi pemain termuda ketiga yang tampil di final Piala Dunia setelah Pele dan Giuseppe Bergomi.

Kroasia mampu memperkecil skor menjadi 4-2 setelah gol balasan cepat yang dicipta Mario Mandzukic. Kiper Hugo lioris kali ini menjadi biang kesalahan. Ia membuat kesalahan fatal.

Gol bermula saat sang pahlawan kemenangan Prancis 1-0 pada semifinal melawan Belgia, Samuel Umtiti melakukan backpass. Namun,  Hugo Lloris tak mampu mengontrol bola dengan sempurna. Lloris tampak ragu antara menggocek bola dengan membuang bola. Mandzukic yang telah berlari dari kejauhan mampu mencuri bola menggulirkan bola melesak ke gawang Prancis. Hingga peluit berakhir, skor tak berubah bagi kemenangan Prancis. 

 


Editor: Hendri 

Hendri Firzani
16-07-2018 00:50