Main Menu

Yusril Yakin Berkas Partai Bulan Bintang Paling Lengkap

Hidayat Adhiningrat P.
15-11-2017 20:56

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra. (Dok. GATRA/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Sebagai salah satu penggugat sengketa partai politik yang dikabulkan gugatannya, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra optimis berkas administrasi PBB telah diberikan lengkap. "Kita semua menyimak putusan yang dibacakan Bawaslu pada sore hari ini. Intinya adalah bahwa seluruh laporan yang disampaikan PBB itu diterima oleh Bawaslu," kata Yusri seusai persidangan sengketa parpol di Bawaslu, Jakarta, Rabu (15/11). 

 

 

Bawaslu menyatakan dokumen persyaratan yang diserahkan oleh PBB sudah lengkap dan tidak ada satu pun kurang meski PBB belum menyelesaikan proses pengunggahan data ke Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Lembaga pengawasan Pemilu itu pun memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengecek ulang dokumen fisik persyaratan PBB dalam waktu tiga hari sejak dibacakannya putusan. "Dicek seluruh dokumen yang sudah diserahkan PBB secara fisik, untuk diputuskan apakah dokumen sudah memenuhi kelengkapan persyaratan atau tidak," kata Yusril.

 

 

Yusril meyakini bahwa dari seluruh 10 parpol pelapor yang mengadukan KPU ke Bawaslu, hanya PBB memiliki dokumen paling lengkap. Bawaslu juga telah menganulir surat KPU Nomor 615/PR.01.1-SE/03/KPU/X/2017 tertanggal 20 Oktober 2017. Sehingga surat yang menyatakan bahwa PBB tidak memenuhi kelengkapan dokumen persyaratan tak berlaku lagi.

 

Dengan demikian, KPU harus melanjutkan proses penelitian administrasi. "Surat itu dianulir oleh Bawaslu dan diperintahkan pada KPU untuk melakukan penelitian ulang terhadap seluruh dokumen PBB. Kami yakin, seyakin-yakinnya dokumen sudah lengkap," katanya.

 


Reporter: Hidayat Adhiningrat P

Editor : Birny Birdieni 

Hidayat Adhiningrat P.
15-11-2017 20:56